Pertama di Sulut, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Manado-Bitung

KOMUNIKASULUT.COM – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo meresmikan penggunaan jalan Tol Manado melalui virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor. Selasa (29/9/2020).

Ini menandakan, penantian masyarakat Sulut untuk menggunakan jalan Tol Manado-Bitung bisa terealisasi.

Peresmian dihadiri Menteri PUPR RI Basuki, Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni dan jajaran Forkopimda Sulut tepat di depan pintu gerbang Tol Manado.

Presiden Jokowi dalam sambutan mengatakan rasa syukurnya atas rampungnya jalan tol Manado-Bitung, terlebih khusus ruas Manado-Danowudu bisa selesai.

“Puji Tuhan, jalan tol sepanjang 26 km sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat,” kata Jokowi

Dikatakan Jokowi, jika seluruh ruas ini sudah selesai panjangnya mencapai 40 km gerbang tol nya hanya 9 km atau sekitar 12 menit dari bandara Sam Ratulangi.

“Jadi sangat dekat sekali bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung. Jalan tol ini waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat, yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang hanya setengah jam saja,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi pun melihat Provinsi Sulawesi Utara memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus dikembangkan pada industri perikanan terutama di Bitung ada sektor pertanian dan sektor perkebunan dan juga banyak destinasi pariwisata pengembangan.

“Sektor-sektor itu sangat memerlukan dukungan infrastruktur termasuk di dalamnya adalah jalan tol manado-bitung,” tegas Jokowi

Menurutnya, inu dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri, terintegrasi dengan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara sehingga akan mempercepat akses dengan adanya jalan tol ini.

“Maka biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung dapat dikatakan lebih rendah sehingga lebih efisien daya saing juga otomatis akan meningkat kawasan ekonomi khusus Bitung juga dapat dikembangkan lebih maju,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki menyampaikan laporan pembangunan jalan Tol Manado-Bitung.

“Ruas jalan tol Manado-Bitung ini sepanjang 26 km dengan total investasi Rp4,95 Triliun dengan masa konsesi 40 tahun,” ungkap Basuki.

Peliput : Yaya Piri