Tidak Sesuai Aturan, Bawaslu Tertibkan APK Bermasalah

Bawaslu Kecamatan Sario saat giat membersihkan APK yang bermasalah

KOMUNIKASULUT.COM – Memasuki masa kampanye pemilihan walikota dan wakil wali Kota Manado. Masih banyak Alat Peraga Kampanye (APK) yang bermasalah.

Senin (28/9/2020) siang, Bawaslu Kecamatan Sario, melaksanakan giat pembersihan APK bermasalah, seperti penempatan baliho tidak sesuai dengan titik yang telah ditentukan.

“Siang ini kami kami menertibkan APK yang tidak sesuai aturan UU 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah baliho-baliho yang bermasalah itu semua akan ditertibkan,” ujar Yohanes Pongoh, Ketua Panwascam Kecamatan Sario.

Lanjut Yohanes baliho sesuai aturan adalah baliho yang di pasang sesuai titik, sebagaimana tang diatur oleh KPU.

“Jadi penetapan ataupun penempatan baliho itu diatur oleh pihak KPU, setelah adanya penetapan calon dan pencabutan no urut pasangan calon,” kata Yohanes.

Yohanes mengatakan ada beberapa kriteria baliho yang bermasalah dan harus ditindak lanjuti.

“Baliho yang melanggar aturan adalah baliho yang dipasang di ruas jalan umum trotoar, pohon, tiang listrik, sekolah, rumah ibadah, dan gedung-gedung pemerintah lainnnya.

Diketahui giat pembersihan APK bermasalah ini dilaksanakan selama dua hari. “Untuk kecamatan sario dilaksanakan hari ini Senin (28/9/2020) hingga Selasa (29/9/2020).

Peliput : Yaya Piri