Hilman Idrus Resmi Gantikan Richard Sualang di DPRD Sulut

hilman firmansyah idrus
Hilman Firmansyah Idrus, S.T.

KOMUNIKASULUT.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Utara, telah menetapkan figur pengganti dr. Richard Sualang sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Manado.

Hilman Firmansyah Idrus, S.T, terpilih melanjutkan masa jabatan Sualang di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut hingga 2024. Ini berdasarkan Surat Pengantar Persetujuan Pergantian Antar Waktu (PAW) DPD PDIP, Nomor 064/EKS/DPD.21/X/2020, tertanggal 1 Oktober 2020.

Kepada KOMUNIKASULUT.COM, Hilman mensyukuri keputusan tersebut. Namun, mengingat ada tahapan final yang perlu dilalui, ia tidak ingin memaksakan proses yang sedang berlangsung. Semuanya diserahkan kepada pihak yang berkapasitas menangani teknis dan mekanismenya.

“Yang pasti tanggapannya bersyukur, karena partai sudah menjalankan rekomendasi dari DPP. Cuma secara pribadi tidak ingin tergesa-gesa. Yang pasti prosesnya sesuai aturan, baik mekanisme antara KPU, partai, dan DPRD. Karena memang, kalau tidak salah ini harus SK Mendagri. Karena gubernur kan sudah Pjs (Penjabat Sementara, red). Jadi tinggal usulan ke sana dari DPRD Provinsi,” ungkapnya.

“Tinggal menunggu saja arahan dari partai, menunggu juga dari Sekretariat DPRD Provinsi, dan juga menunggu dari KPU Sulawesi Utara. Apakah masih ada pelengkapan dan perbaikan dokumen, dan tambahan yang lain-lain,” tambah Hilman.

Di sisi lain, ia sudah jauh-jauh hari memastikan kelengkapan dan kesiapan diri untuk mengikuti alur PAW. Juga, dalam hal melanjutkan tongkat estafet sebagai legislator, meliputi fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Pun dalam mengawal aspirasi konstituen yang masih di tengah jalan.

“Yang pasti secara pribadi sudah siap untuk mengikuti proses PAW,” tandas Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (PDC) PDIP Manado, Bidang Komunikasi Politik itu.

Keputusan tersebut telah dilegitimasi DPRD Sulut selaku penerima surat, melalui konferensi pers yang dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Sulut, Dr. Johanes Victor Mailangkay, S.H, M.H, di kantor dewan, Kamis (1/10/2020).

Selengkapnya bisa disimak dalam lampiran gambar surat berikut.

Peliput: Rezky Kumaat