DPRD Sulut Sahkan Andi Silangen Ketua Dewan, Gantikan Andrei Angouw

KOMUNIKASULUT.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara menetapkan dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B, KBD, sebagai ketua dewan periode 2019-2024.

Andi resmi menggantikan jabatan Andrei Angouw, yang saat ini sedang berkompetisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado, sebagai calon walikota.

Keputusan ini disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulut, yang beragendakan Penetapan Rencana Kerja DPRD Sulut 2021, dan Penetapan Usulan Calon Pengganti Ketua DPRD Sulut, Senin (5/10/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Sulut, Dr. Johanes Victor Mailangkay, S.H, M.H, membacakan poin-poin putusan tersebut dihadapan 28 wakil rakyat yang hadir.

“Berdasarkan Pasal 43 Peraturan DPRD Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib DPRD menyatakan; satu, pengganti pimpinan DPRD yang berhenti berasal dari partai politik yang sama, dengan pimpinan DPRD yang behenti. Dua, calon pengganti pimpinan DPRD yang berhenti diusulkan oleh pimpinan partai politik, untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan ditetapkan dalam keputusan DPRD. Tiga, pimpinan DPRD mengusulkan peresmian pengangkatan calon pengganti pimpinan DPRD kepada menteri, melalui gubernur sebagai wakil pemerintah pusat,” bukanya.

“Sehubungan dengan hal tersebut,” tambah Mailangkay, “Diinformasikan bahwa sebelumnya telah masuk surat dari DPD PDIP Sulut, perihal Pengantar Penyampaian Keputusan DPP PDIP Tentang Pengesahan dan Penetapan saudara dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B, KBD, sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara.”

Dengan demikian, “Memperhatikan surat masuk tersebut dan berdasarkan peraturan Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib DPRD, maka usulan calon pengganti Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara atas nama Bapak dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B, KBD, dinyatakan sah. Dan selanjutnya akan diproses sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tandas Mailangkay.

Pelantikan ketua dewan yang baru, masih menunggu pemberitahuan dari Sekretariat DPRD Sulut.

Peliput: Rezky Kumaat