Ini Bentuk Kepedulian PKBM Ghumenang pada Dunia Pendidikan dan Anak-anak

KOMUNIKASULUT.COM – Dunia pendidikan salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan serta sklil dari sumber daya manusia (SDM).

Peduli akan dunia pendidikan di Kota Bitung Sulawesi Utara, Reymond Katuuk S.Pd mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang berguna untuk melatih skill dan kreatifitas masyarakat yang ada di Kota Bitung.

Berawal dari perjuangan mendirikan Rumah Baca “CUMERITA” yang tujuannya membantu pengembangan literasi di kota Bitung, kini berkembang menjadi PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), hal itu yang dilakukan oleh Reymond, sebagai salah satu pegiat literasi kota Bitung.

Adapun Pelatihan menulis cerita anak itu sudah berjalan 2 minggu, dan di bulan Oktober 2020 ini sudah dilanjutkan dengan pelatihan melukis. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini 7-8 orang. Anak-anak merasa sangat senang karena dilatih untuk bisa menulis cerita serta bisa melukis dengan metode dan bahan-bahan yang berbeda.

PKBM Ghumenang menyediakan beberapa program antara lain : Kursus Musik, Kursus Bahasa Inggris dan Kursus Computer, program kesetaraan paket A,B, dan C. serta Taman Baca Masyarakat. Selain itu PKBM memiliki beberapa program pelatihan seperti pelatihan menulis cerita anak, pelatihan melukis, pelatihan baca puisi, serta pelatihan menari. Program ini yang membedakan dengan PKBM lainnya.

PKBM Ghumenang menyediakan semua peralatan & fasilitas secara gratis kepada anak-anak, terlebih khusus di kelurahan Sagerat Weru Dua.

Tim inti PKBM terdiri dari beberapa orang aktivis literasi dan aktivis sosial yang membantu secara sukarela.

Sikap saling membantu itu terjalin karena kita percaya bahwa ketika diri kita membantu masyarakat, membantu orang lain pasti kita akan menerima berkat yang sudah Tuhan sediakan.

“Harapan kami semoga program-program yang dibuat PKBM Ghumenang bisa memberikan dampak bagi masyarakat serta mendukung upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, ungkap Reymond.”

Combyan Lombongbitung, S.IP salah satu instruktur PKBM Ghumenang menambahkan, sekarang ini kami juga sementara membuka pendaftaran untuk masyarakat yang membutuhkan program kesetaraan paket A, B, dan C yang dalam waktu dekat akan diadakan pengayaan dan ujiannya.

“Ini semata-mata untuk membantu masyarakat dalam keberlangsungan hidupnya dan biaya pendidikan untuk pengambilan ijazah paket pun kami berusaha semaksimal mungkin itu gratis. Pengambilan Paket Kesetaraan pun tidak terbatas hanya untuk masyarakat Bitung, namun yang diluar Bitung juga bisa ikut serta, ucap Combyan.

“Jadi mari yang butuh silahkan ikut jangan malu-maulu neh”, tutup Aktivis Sosial tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan, pelatihan bahkan kursus dapat menghubungi nomor WA : 0857 1180 6055 (Reymond) 0877 5577 5990 (Combyan).

Peliput: Yaya Piri