Bawaslu Sulut Deklarasi Anti Hoax

Ketua Bawaslu Sulut memberikan sambutan dalam deklarasi anti hoax

KOMUNIKASULUT.COM Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut), Jumat, menggelar deklrasi anti politik uang, hoax, dan politisasi SARA, di hotel four points yang dihadiri Ketua pengawas pemilu RI, Abhan.

“Kita bersyukur pada Tuhan Yang maha Esa, karena bisa bertemu dalam deklarasi anti politk uang, hoax dan politisasi SARA,” kata Abhan, di Manado.

Dia mengatakan, suksesnya Pilkada bukan hanya tanggungjawab Bawaslu, tetapi ada tiga elemen penting yang bertanggungjawab yakni, penyelenggara KPU dan Bawaslu, peserta parpol dan perseorangan serta masyarakat.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda mengatakan, salah satu tugas mereka adalah pencegahan, dari awal sudah mengimbau para pihak tidak melakukan perbuatan-perbuatan melanggar regulasi dan etika moral.

“Pertemuan tadi terkait mengimbau semua pihak terutama Paslon agar tidak melakukan perbuatan demikian, sekaligus upaya membuat komitmen moral yang disepekati dalam pembacaan deklarasi dan penandatanganan diwujudkan nyata di lapangan,” tegas Malonda.

Selain itu, katanya pihaknya mengajak untuk melaksanakan protokol kesehatan, selama tahapan Pilkada tersebut.

Pjs Gubernur Sulawesi Utara, Agus Fatoni, menyampaikan selamat datang kepada ketua Bawaslu sekaligus mengapresiasi semua pihak yang berkomitmen Pilkada yang aman, damai, sukses dan sehat.

Dia mengatakan, Pilkada adalah agenda nasional yang harus dilaksanakan tanpa tahu kapan COVID-19 akan berakhir, maka mendorong semua pihak taat pada protokol kesehatan.

Deklarasoi tersebut dihadiri para calon, seperti Paula Runtuwene, dr. Ricchard Sualang,. serta pra tim kampanye masing-masing,**