Lestarikan Bahasa Tombulu, Wenny Lumentut: Rangkul Tokoh-Tokoh Adat

Tomohon, KOMUNIKASULUT.COM – Caroll Senduk Wenny Lumentut (CSWL) merasa prihatin terhadap keberlangsungan bahasa suku Tombulu.

Calon Wakil Wali Kota Tomohon, Wenny Lumentut mengungkapkan, dirinya menemukan fakta bahwa nilai-niai budaya pada generasi muda sudah mulai tergerus.

“Saya merasa prihatin dengan keberlangsungan bahasa dan kebudayaan Tombulu. Saat ini sangat minim generasi muda yang menguasai bahasa Tombulu,” ujarnya saat bertemu kaum milenial Tomohon di Terung Kawasara, Rabu (14/10/2020).

Ia mengungkapkan, dirinya banyak bertemu dengan generasi muda atau milenial ini.

“Saya tantang mereka untuk berbahasa Tombulu, tapi minim yang menguasai. Mereka tak lagi fasih bertutur dalam bahasa daerah,” ujar mantan ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Provinsi ini.

Lanjutnya, Ia bersama Calon Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk sudah berkomitmen untuk melestarikan bahasa sub etnis Tombulu.

“Jika nantinya kami mendapat restu rakyat untuk memimpin kota Tomohon, pelestarian bahasa daerah ini akan menjadi prioritas kami untuk generasi, selain warisan seni dan budaya Tombulu lainnya,” jelas Lumentut

Pihaknya juga akan merangkul dan bersinergi dengan tokoh-tokoh adat dan tokoh-tokoh generasi muda kota Tomohon.

“Pelestarian bahasa dan kebudayaan Tombulu tak cukup hanya dilakukan di lingkungan sekolah,” tegasnya. (*/MD)