Sejam Diguyur Hujan, Luapan Air Capai Lutut Warga Tikala Manado

luapan air di areal spbu tikala kumaraka manado
Luapan air di areal SPBU Tikala Kumaraka/ samping KPU Manado.

KOMUNIKASULUT.COM – Sejumlah wilayah Manado kembali tergenang setelah diguyur hujan lebat, Sabtu (17/10/2020). Salah satu daerah terparah dapat terpantau di ruas Jalan Lumimuut, Kelurahan Tikala Kumaraka, Kecamatan Wenang.

Selang satu jam dirundung hujan deras (mulai pukul 18.30 WITA), volume air langsung setinggi lutut orang dewasa. Pemukiman di areal tersebut spontan kena imbasnya. Gerai-gerai usaha di sana pun segera mengamankan perabotan. Ini jelas mengganggu aktivitas masyarakat di lokasi itu.

Salah satu warga yang ditemui awak media, hanya bisa pasrah dengan situasi malam ini. Sembari menyinggung pemerintah, agar mencari jalan keluar yang lebih efektif dalam mencegah terjadinya banjir.

“Mudah-mudahan ada tanggapan dari pemerintah yang berwenang, untuk mengatasi masalah tentang banjir ini. Khususnya dalam mencegah dan menanggulangi situasi bencana di daerah. Juga bagaimana mengantisipasi banjir ini dia,” lugas penduduk setempat.

Di sisi lain, ia sadar Pemerintah Kota Manado memang tidak mampu mengatasi persoalan ini. Sehingga, perlu ada sinergitas dan kerja-kerja interaktif antara pemangku kepentingan serta masyarakat, dalam menuntaskan persoalan lingkungan.

“Yang penting kita sama-samalah. Saling baku bantulah dari masyarakat dengan pemerintah. Supaya kita bisa sama-sama mengatasi masalah sampah, banjir, dan segala macamnya. Karena ini kalau cuma pemerintah, tanpa masyarakat, tidak mungkin akan selesai. Jadi kita harus sama-sama begitu,” pesannya bagi seluruh penghuni Manado.

Hingga berita ini ditayangkan (pukul 10.00 WITA), beberapa kawasan Manado masih ‘betah’ dibasahi hujan. (Red)