Andi Silangen Dilantik Ketua DPRD Sulut 2020-2024

Pengambilan sumpah dan janji dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD, resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara periode 2020-2024.

Ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor: 161.71-3806/2020, Tentang Peresmian Pemberhentian Ketua DPRD Sulut. Juga, SK Mendagri Nomor 161.71-3808/2020, Tentang Peresmian Pengangkatan Ketua DPRD Sulut.

Kedua surat ditetapkan di Jakarta, 23 Oktober 2020. Dengan legitimasi langsung dari Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D, selaku Mendagri.

Pelantikan berlangsung dalam rapat paripurna, yang beragendakan ‘Pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Sulut periode 2020-2024,’ Senin (26/10/2020).

Pengambilan sumpah dan janji dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Manado, H. Arif Supratman, S.H, M.H. “Sebelum memangku jabatan sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, maka berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, saudara (Andy, red) harus diambil janjinya,” tuturnya.

Andi pun mengulangi kata demi kata yang diutarakan Ketua Pengadilan Tinggi Manado. Berikut ujaran lengkapnya:

Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Sulawesi Utara, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman kepada Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945.

Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi. Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi, perseorangan, dan golongan.

Bahwa saya, akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili. Untuk mewujudkan tujuan nasional. Demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kiranya Tuhan menolong saya.

Pengambilan sumpah dan janji ditutup dengan pengukuhan rohaniawan, yang dipimpin Pdt. Steven Tumbel. Ia menyerukan doa kepada Andy, yang akan menjabat pimpinan wakil rakyat tersebut.

Prosesi pengesahan Ketua Dewan yang baru, diakhiri dengan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah janji, penyerahan memori jabatan, penyerahan aset, pemberian bunga, dan penyerahan palu sidang kepada Andi.

Peliput: Rezky Kumaat