Anak Pulau Penjual Es Lilin dari Nusa Utara, Nahkoda Baru DPRD Sulut

andi silangen nahkoda baru dprd sulut
(Foto Ist.)

KOMUNIKASULUT.COM – Tonggak kepemimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara telah berganti. Jabatan ketua dewan periode 2020-2024, kini diemban dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD.

Mengutip buku ‘Anak Pulau Penjual Es Lilin,’ Andi dilankonkan sebagai Putera Daerah Nusa Utara yang gigih, berkomitmen, intelektual, aktif dalam pelayanan rohani, dan gemar mengabdi. Tak ayal ia dipandang sebagai sosok pantang menyerah dan petarung (The Fighting Man).

Semasa kecilnya, Andi pernah menjalani hidup sebagai penjual es lilin, pisang goreng, dan kacung di Lapangan Tenis Sario, Manado. Karena tekad yang tinggi, ia berhasil menggapai cita-cita sebagai Dokter Ahli Bedah Digestive ternama di Nusantara.

Selang hampir 30 tahun melayani di dunia medis, Andi beralih ke dunia politik di bawah naungan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Utara. Hingga akhirnya, ia berhasil menduduki kursi Ketua DPRD Sulut.

Andi menjadikan semua proses dan transisi itu, sebagai pengalaman dan pelajaran hidup. Ia menyadari, semua pencapaiannya tidak luput dari penyertaan Tuhan Yesus Kristus, dan topangan doa dari semua orang.

“Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya. Jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. Kalau bukan Tuhan Yesus yang mengangkat saya, maka sia-sialah segalanya,” ungkapnya di tengah rapat paripurna DPRD Sulut, Senin (26/10/2020).

Usai acara pelantikan, Andi bercengkeramah dengan awak media. Dalam konferensi pers perdananya sebagai ketua dewan, ia mengungkapkan agenda kegiatan DPRD kedepan.

“Mengenai langkah awal, saya tinggal melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Pak Andrei Angouw. Dan kita akan mengikuti semua proses yang telah berjalan. Ini supaya kerja-kerja politik di DPRD Sulut bisa lebih optimal lagi,” ujarnya.

Sinergitas dengan Pemerintah Provinsi Sulut akan terus ditingkatkan Andi CS. Dalam rangka memaksimalkan upaya pemerintah yang mampu mensejahterakan warganya. “Sinergitas kemitraan institusi dengan pemerintah provinsi, sudah terbangun luar biasa. Tentunya kita harus pertahankan itu. Bahkan, kalau perlu bisa kita tingkatkan. Intinya kita saling mengingatkan dan saling kontrol. Tujuannya satu, yaitu untuk kesejahteraan rakyat,” tambah Andi.

Mengenai fungsi legislasi DPRD, ia menargetkan untuk menyelesaikan dua Peraturan Daerah (Perda) di akhir tahun.

“Peraturan daerah yang sedang kita kerjakan ada dua. Itu lanjutan dari yang lalu, mengenai fakir miskin dan Perda pohon. Tapi, mengenai aparatur pemberdayaan yang kemarin diperbaiki, itu juga mungkin akan segera selesai. Mudah-mudahan dalam satu tahun ini, paling tidak ada dua Perda yang kita selesaikan. Karena ini sudah di penghujung tahun,” rangkumnya. (***)