Pjs Gubernur-Ketua Dewan Nilai AA Banyak Berhasil Selama Pimpin DPRD Sulut

andrei angouw serahkan memori jabatan ke andi silangen
Andrei Angouw menyerahkan memori jabatannya kepada dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM –  Andrei Angouw resmi mengestafetkan tongkat kepemimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, kepada dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp,B-KBD.

Angouw dipastikan tidak melanjutkan sisa masa jabatannya sebagai Ketua DPRD Sulut (2019-2024), karena sedang mencalonkan diri sebagai Walikota Manado. Ini dilegitimasi Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Nomor: 161.71-3806/2020 Tentang Peresmian Pemberhentian Ketua DPRD Sulut. Tertanggal 23 Oktober 2020.

Usai melepas wewenangnya, Angouw beroleh sanjungan dari beragam pihak. Kinerjanya selama empat tahun memangku posisi ketua dewan, dinilai banyak menuai keberhasilan. Angouw juga memiliki andil besar dalam memajukan Sulut, dari berbagai sektor pemerintahan.

Ini sebagaimana diungkapkan Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulut, Dr. Drs. Agus Fatoni, M,Si, dan Ketua DPRD Sulut, dr. Fransiscus Andi Silangen, SpB-KBD, di sela rapat paripurna, Senin (26/10/2020).

“Kami Pemerintah Provinsi dan masyarakat mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Andrei Angouw, atas totalitas pengabdian yang telah ditunjukkan. Juga goresan tinta emas selama kurang lebih empat tahun memimpin DPRD Provinsi Sulawesi Utara,” lugas Fatoni.

“Dalam konteks otonomi daerah, eksistensi kinerja DPRD dan pemerintah daerah diharapkan mampu menyelenggarakan pemerintahan yang baik. Serta, diharapkan mampu menunjukkan kinerja yang optimal sesuai visi-misi pembangunan daerah. Karena itu, keberadaan dan aktualisasi peran pimpinan DPRD menjadi sangat penting dan strategis. Pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara pemerintah dan DPRD, melalui mekanisme konsultasi,” tambahnya.

Selain itu, rekam jejak Angouw di gedung cengkeh akan dijadikan teladan dan motivasi Andi, dalam mengoptimalkan kerja-kerja legislatif kedepan.

“Saya hendak mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan, kepada sahabat saya Bapak Andrei Angouw beserta ibu. Yang telah merangkai banyak keberhasilan dalam memimpin DPRD Provinsi Sulawesi Utara, selama periode kepemimpinannya. Saya berharap kerja-kerja ‘Hebat’ Bapak Andrei Angouw selama memimpin lembaga yang terhormat ini, dapat saya lanjutkan,” ucapnya.

“Estafet kepemimpinan ini dapat memicu pelaksanaan kinerja lembaga DPRD, menjadi lebih meningkat dan maksimal di masa-masa yang akan datang. Secara pribadi, saya mendoakan agar Bapak Andrei Angouw, juga Bapak Olly Dondokambey, S.E, bersama Drs. Steven O.E Kandouw meraih sukses dalam rencana masa depan kehidupannya. Terutama dalam pengabdian yang akan bertambah ‘Hebat’ kepada bangsa dan negara,” tandas legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Utara itu.

Dalam rapat paripurna, Angouw menyerahkan memori jabatannya kepada Andi, sebagai simbol perpindahan tonggak kepemimpinan di DPRD Sulut. Angouw pun menyatakan dukungannya kepada ketua dewan yang baru.

“dr. Andi selamat bertugas. Saya mensuport kerja politik di DPRD Sulut, karena lembaga ini menjadi jembatan aspirasi masyarakat Sulut termasuk warga Kota Manado. Silahkan Ketua yang baru untuk melaksanakan tanggungjawabnya,” pungkasnya.

Peliput: Rezky Kumaat