Bawaslu Sulut Laporkan 84 Kasus Netralitas ASN ke KASN

Bawaslu Sulut memberikan keterangan tentang temuan selama tahapan Pilkada

KOMUNIKASULUT.COM, – Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut), sudah melaporkan 84 kasus netralitas ASN ke KASN selama tahapan Pilkada 2020.

Koordinator Divisi Hukum Humas dan Datin Bawaslu Sulut, Supriyadi Pangellu, SH, MH, menegaskan hal tersebut, saat menjawab pertanyaan tentang pengawasan terhadap netralitas ASN.

“Angka ini adalah total akumulasi temuan kasus oleh jajaran kami di tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga desa dan kelurahan, selama masa kampanye,” kata Bung Adi, sapaan akrabnya di media center Bawaslu Sulut, di kawasan Winangun, Manado.

Dia mengatakan, pihaknya memang tidak main-main mengenai hal tersebut, mengingat ada kewibawaan, kredibiltas dan kualitas Pilkada juga berada di tangan mereka sebagai pengawas.

Mantan Ketua Panwaslu Talaud itu, juga menegaskan, bahwa selain mengawasi netralitas ASN, pihaknya ikut menyosialisasikan mengenai hal tersebut kepada semua kalangan.

“Jadi bukan hanya di satu tempat, tetapi di semua tingkatan, tempat, lembaga dan komunitas kami menyempaikan hal tersebut, sebagai tindakan pencegahan, juga peringatan kepada ASN, pegawai BUMN hingga THL agar patuh dengan aturan,” katanya.

Dia menegaskan, jika pihaknya tidak ragu-ragu menindak tegas para pelanggar netralits ASN, artinya tidak akan pandang bulu dalam menegakkan aturan Pemilu.
Mengenai hasilnya, Pangellu menegaskan, bahwa itu nantinya akan menunggu keputusan KASN, sebab hal tersebut adalah kewenangan lembaga tersebut.

“Namun kami melaksanakan tugas kami, mengawasi, mencegah dan menindak setiap pelanggaran netralitas ASN agar pemilu yang dihasilkan nanti juga berkualitas,” katanya. ***