Praktek Originalitas Budaya Bahari dan Ancaman Keberlangsungan Komunitas di Pantai Kinamang

KOMUNIKASULUT.COM – Pantai Kinamang berada di pesisir sebelah selatan Teluk Manado. Pantai ini merupakan ruang hidup yang dihuni oleh komunitas bahari yang hingga saat ini masih terus mempraktekkan originalitas budaya bahari yang sudah semakin tergerus di Kota Manado.

Ancaman terhadap keberlangsungan komunitas ini terasa amat berat. Pertama, ancaman itu datang dari hadirnya klaim kepemilikan laut oleh pihak tertentu – yang tentu saja keliru karena ruang laut bukan merupakan obyek yang bisa disertifikasi (baca: putusan MA No. 3/2010). Ancaman lain bersifat alami, yaitu datang dari ancaman abrasi pasca perubahan morfologi pantai akibat reklamasi pantai di sekitarnya.

Bagi masyarakat bahari di Pantai Kinamang, pemukiman, pantai dan laut Teluk Manado merupakan kesatuan sistem ruang dimana kehidupan mereka digantungkan. Oleh karena itu, keberlangsungan pantai kinamang harus mereka jaga dan pertahankan.

Ide menghadirkan mangrove sebagai pelindung alami Pantai Kinamang merupakan salah satu pilihan yang tepat, dan tentu saja sejalan dengan nilai dan pengetahuan bahari yang melekat pada komunitas bahari di Pantai Kinamang. Sejalan dengan itu, LPPM melalui program PKM (Pemanfaatan Mangrove Sebagai Pelindung Pantai) tahun 2020 bekerjasama dengan FNPPM (Forum Nelayan Pesisir Pantai Malalayang 2) bersepakat untuk menghadirkan mangrove di Pantai Kinamang.

Proses belajar mangrove ditekuni seluruh anggota komunitas, anak-anak, pemuda dan orang dewasa. Mereka belajar menyemaikan benih mangrove, menguji coba tanam mangrove di lahan yang belum pernah ditumbuhi mangrove secara alami. Dan, jauh lebih penting dari itu, mereka melakukan semua itu dengan penuh kesadaran bahwa menghadirkan tumbuhan mangrove di pantai Kinamang adalah untuk kepentingan masa depan mereka .

Sekarang, mereka sudah semakin paham tentang mangrove, benih yang mereka tanam sudah bertumbuh, bahkan mereka sudah mulai melakukan uji tanam meskipun mereka harus berupaya keras memastikan bahwa konstruksi media tanam tetap stabil. Nampak jelas bahwa kehadiran mangrove di Pantai Kinamang tidak hanya merubah tampilan fisik pantai, tetapi kehadiran mangrove di tempat ini semakin menambah kecintaan komunitas bahari di Pantai Kinamang terhadap ruang hidup tempat tinggal mereka.