Utusan Fispol Siap Harumkan Nama Unsrat di Tingkat Nasional

KOMUNIKASULUT.COM – Tim PKM-PSH (Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian Sosial Humaniora) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) berhasil lolos ke PIMNAS (Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-33 tahun 2020.

Melalui laman resmi Pusat Prestasi Nasional, Surat Keputusan PIMNAS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (kemendikbud) diunggah pada Kamis (29/10/2020), Ada 4 tim yang membawa nama Unsrat ke tingkat nasional.

Diketahui juga ada total 101 perguruan tinggi Indonesia yang berhasil lolos menjadi peserta PIMNAS tahun 2020.

Salah satu Tim PKM-PSH yang lolos dalam PIMNAS tersebut adalah tim dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol), yaitu dari program studi Ilmu Admistrasi Negara. Mereka adalah:

1. Fabiola T.Kansil (Ketua tim)

2. Marline M. Tambuwun

3. Ririn R. Mendala

Dengan mengangkat judul “Kearifan Lokal Masyarakat Minahasa Tenggara Sistem Membangun Rumah Tanpa Down Payment Nasional”, Fabiola merasa bangga dengan capaian yang telah didapat tim.

“Selaku tim PKM-PSH, kami sangat berbangga dengan capaian yang kami dapatkan. Dari awal penyusunan proposal, target kami yaitu bisa masuk ke timnas dan puji Tuhan, pengumuman semalam sangat membuat senang karena memang apa yang sudah kami targetkan, dapat tercapai,” ungkapnya.

Fabiola juga menyampaikan harapan kedepan untuk PKM-PSH di Fakultas dan Universitas bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

“Harapan kami kedepan di PIMNAS nanti, semoga kami mampu memberikan yang terbaik. Sebelumnya, memang sudah banyak kelompok yang masuk ke PIMNAS yang diutus oleh Unsrat, namun untuk PKM-PSH sendiri, tahun ini yang pertama kalinya. Kami sangat berbangga dan senang sekali.” tutup mahasiswa semester 7 tersebut.

Kepada Jurnalis Acta Diurna, pembimbing tim yang juga sebagai Ketua Program Studi (kaprodi) Administrasi Negara, Dr. Very Y. Londa S.Sos, M.Si menuturkan bahwa PKM sangat baik dalam mengembangkan kemampuan.

“PKM sangat baik bagi mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan kemampuan di bidang penelitian dan pengabdian, serta melatih mengeksplor potensi dalam pengembangan ilmu sosial humaniora dalam persatuan bangsa,” ucap Londa.

Berdasarkan hasil yang diterima tim, Very Londa pun berpendapat bahwa mahasiswa dan dosen Fispol Unsrat memiliki kualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional.

“Harapan kedepannya, semoga Fispol Unsrat, terlebih pimpinan bisa menjadikan PKM sebagai salah satu program unggulan di bidang kemahasiswaan, dan semoga tim PKM-PSH Adm Negara Fispol Unsrat mendapat medali di kegiatan PIMNAS ke 33 Tahun 2020. Mohon topangan doa dari civitas akademika.” Tutup Very, final.

Diketahui, 3 tim Penelitian Eksakta yang turut membawa nama Unsrat antara lain:

1.)  Perlina Tinanggal, Ekklesia Liringunusa, Cythia Tanjung

2.) Agnesia Y. Soleman, Shintia R. Walanda, Monika Sitohang

3.) Siti Marfuah, Abdul Hawil, Andi A. D. P Abram