KPU Manado Pastikan Simulasi Pemungutan Suara Sesuai Protokol Covid-19

KOMUNIKASULUT.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, Jusuf Wowor mengatakan simulasi pemungutan suara yang digelar pihaknya di lapangan Bantik Malalayang menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat oleh petugas KPPS yang bertugas dalam simulasi termasuk warga yang ikut melakukan simulasi pemungutan suara dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang disiapkan.

“Simulasi pemungutan suara dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Petugas KPPS dilengkapi dengan APD termasuk warga pemilih,” kata Jusuf Wowor, Sabtu (21/11/2020).

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis Penyelengara Pemilihan KPU Kota Manado, Syahrul Setiawan mengatakan simulasi pemungutan suara dilakukan sesuai dengan proses yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Syahrul menyebutkan, simulasi pemungutan suara melibatkan 200 warga yang ada di Kelurahan Malalayang Satu, termasuk seorang penyandang difaber yang datang ke TPS dengan menggunadakn kursi roda.

“Warga yang datang di TPS simulasi diatur sesuai dengan waktu berdasarkan waktu yang sudah tertera dalam undangan, semua sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan,” ucapnya.

Lanjutnya, warga pemilih yang datang diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa masker, membawa alat tulis sendiri dan diwajikan juga mencuci tangan saat hendak masuk dan keluar di TPS tempat simulasi pemungutan suara. (Red)