Oi Manado Anjangsana ke Panti Asuhan Minut, Peringati 20 Tahun

oi-manado-menyerahkan-bantuan-ke-panti-asuhan-al-furqon-hidayatullah
Ketua Oi Manado, Musthofa Hasan menyerahan bantuan sosial kepada pengasuh Panti Asuhan Al-Furqon Hidayatullah, Muhammad Taufikurrahman. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Badan Pengurus Kota (BPK) Orang Indonesia (Oi) Manado memperingati hari ulang tahun ke 20 dengan kegiatan sosial. Mereka mengunjungi Panti Asuhan Al-Furqon Hidayatullah di Desa Palaes Jaga 5, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara, Jumat (20/11/2020).

Di kesempatan itu, Oi menyalurkan bantuan sandang dan pangan kepada 65 anak panti yang ada di sana. Ini sebagaimana dijelaskan Ketua Oi Manado, Musthofa Hasan.

“Maksud dari kedatangan kami BPK Oi Kota Manado ke Panti asuhan Al-Furqon Hidayatullah, dalam rangka HUT ke 20 Tahun. Dengan membawa sembilan bahan pokok, obat-obatan, dan pakaian layak pakai,” lugasnya.

Salah satu alasan Oi angjasana di lokasi tersebut, karena jarang tersentuh bantuan sosial. Mengingat tempatnya berada di pedesaan. Sedangkan panti asuhan yang berada di pusat kota, sudah sering dikunjungi kelompok/ organisasi masyarakat yang lain.

“Alasan kenapa kami lebih memilih di sini, mengingat di panti asuhan lainnya yang notabenenya ada di Manado, sudah sering didatangi kebanyakan organisasi. Maupun mereka yang berulang tahun. Sekiranya bantuan ini bisa bermanfaat bagi pengasuh dan anak-anak, yang berada di panti asuhan,” harap Musthofa.

Tidak tanggung-tanggung, Oi juga akan membantu proses pembangunan Al-Furqon kedepannya. Ini sebagai bentuk kepedulian dan komitmen mereka, terhadap kerukunan umat beragama di Sulut. Termasuk peduli dengan rumah-rumah ibadah yang berkekurangan.

“Kami akan menggalang dana untuk membantu pembangunan panti asuhan  ini. Karena di BPK Oi Manado bukan hanya ada satu agama, bukan hanya satu suku, kami disini bermacam-macam,” lugas Musthofa.

“Jika ada tempat ibadah yang masih memerlukan bantuan dalam dana dan sebagainya, BPK Oi Kota Manado tidak akan pernah diam. Oi akan terus diserukan untuk kemanusiaan, kerukunan, dan keperpihakan kepada masyarakat kecil. Terkhususnya yang ada di Sulut,” tambahnya.

Pernyataan itu menggugah hati pengasuh panti asuhan Al-Furqon, Muhammad Taufikurrahman. “Banyak terima kasih kepada BPK Oi Kota Manado, yang sudah datang dan membantu kami disini,” ungkapnya.

Ia juga sedikit menguraikan kendala dan kekurangan di panti asuhan. Terlebih khusus fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang aktifitas ibadah dan edukasi para anak panti.

“Teman-teman bisa melihat sendiri kondisi pembangunan yang ada disini. Semua masih serba kekurangan. Seperti asrama putra yang masih menggunakan ruang kelas belajar. Yang kedua, sarana ibadahnya putri masih menggunakan ruang makan. Sholat dan ruang makan masih satu tempat. Ini menjadi kekurangan kami disini,” jabar Taufik.

Sebagai bentuk apresiasinya kepada seluruh pengurus dan anggota organisasi, Taufik mendoakan agar Oi selalu sukses dalam setiap aksi kemanusiaannya. “Kiranya BPK Oi Manado kedepannya makin maju, dan terus melakukan aksi kemanusiaan demi kepentingan semua orang,” panjatnya. (**/RE)