Pelipatan Surat Suara Telah Dituntaskan KPU Manado

KOMUNIKASULUT.COM — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, Jusuf Wowor mengatakan pihaknya telah menyelesaikan pelipatan surat suara untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatanga.

“Untuk surat suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado sudah selesai dilipat,” kata Jusuf Wowor, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, pihak KPU Kota Manado selanjutnya akan melakukan pelipatan surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dikerjakan oleh para pekerja yang ada.

Lanjutnya, proses pelipatan surat suara sampai saat ini tidak menemui kendala, karena para pekerja memang sudah disiapkan bekerja dengan maksimal, sehingga bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

“Surat suara yang sudah selesai dilipat disortir kemudian dikemas dan akan didistribusikan ke TPS sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Selama proses pelipatan, pihaknya terus melakukan pengawasan dengan meminta bantuan dari aparat kepolisian, agar menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk surat suara rusak dipisahkan dan dibuatkan berita acara kemudian dikirim lagi ke percetakan untuk diminta ganti.

Wowor menambahkan, surat suara yang dicetak berjumlah 338.539 seusai dengan jumlah DPT yang ditetapkan oleh KPU Kota Manado, ditambah dua persen serta 2.000 surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU). (Red)