Mahasiswa, Idealisme dan Politik Praktis

Oleh: Erlangga Paath

KOMUNIKASULUT.COM — Tentunya jika anda adalah seorang Mahasiswa, pastilah kata idealisme atau idealis sangatlah familiar di telinga anda. “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya di miliki pemuda” begitulah kutipan dari seorang tokoh yang pernah ada didalam Republik ini yaitu Tan Malaka.

Plato berpendapat bahwa “Kebaikan merupakan hakikat tertinggi dalam mencari suatu kebenaran, yaitu suatu tugas ide yang memimpin budi yang menjadi contoh pengalamannya”.

Bagi sebagian besar Mahasiswa, pastinya memandang idealisme sebagai sesuatu yang benar dan yang adil bagi kepentingan umum, untuk itu pastinya tidaklah mudah didalam menjaga idealisme tersebut agar tetap berdiri kokoh, dikarenakan banyaknya godaan yang dapat membuat idealisme tersebut menjadi goyah, di antaranya godaan – godaan dari aspek politik praktis yang sangat kental dengan unsur pragmatisme atau dapat di katakan sangat kental dengan berbagai tawaran yang hanya mengutamakan kepentingan kelompok tertentu dan kepentingan pribadi, serta menyampingkan berbagai kepentingan umum. Seperti apa yang dikatakan oleh Najwa Shihab di dalam kutipannya “Politik adalah lautan Pragmatisme, kompromi demi kompromi bisa melelehkan idealisme”.

Untuk itu marilah kita sebagai seorang Mahasiswa, agar sekiranya dapat mempertahakan idealisme yang menjadi ciri khas seorang Mahasiswa, guna mengawal jalannya reformasi di negeri ini.