KPU Manado Pastikan Personil di TPS Bebas Covid-19

foto-istimewa
(Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pencoblosan Pilkada serentak sudah dimulai hari ini Rabu, (9/12) pukul 07.00.

Warga pemilih antre dipanggil. Tidak kelihatan mereka cemas datang ke TPS, karena semua petugas Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mengenakan perlengkapan protap kesehatan covid 19.

“Saya mencoblos pukul 08.00 bersama keluarga di TPS 3 Kelurahan Maasing,”kata Ko Sionga usai mencoblos bersama istri dan anaknya.

Koordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Manado Ismail Harun menegaskan total KPPS Manado 7987. Mereka semua dirapid test.  Dan yang terbukti reaktif, serta lanjut swab test PCR diduga positif, sampai H-2 (7/12) maka mereka akan diisolasi.

”Kalau ada yang positif setelah diswab, mereka tidak diberhentikan atau diganti orang baru,”tutur Ismail.

Alasan mereka tidak diganti, berdasarkan rujukan surat 1160/PP.04.2-SD/01/KPU/XII/2020. Di sana tegas tidak ada aturan memerintahkan mengganti petugas baru.

“Petugas KPPS sampai tanggal 7 Desember atau H-2 masih status positif, maka KPPS bersangkutan tidak dapat bertugas dan digantikan petugas KPPS berdekatan.

Itupun sesuai ketentuan, jika anggota KPPS di satu TPS yang sama positif di atas 3 orang dari 7 anggota.

“Dalam satu TPS anggota KPPS berkurang dari 5 orang, maka PPS menunjuk KPPS dari TPS terdekat untuk bertugas di TPS  tersebut, dengan ketentuan jumlah KPPS  di setiap TPS tidak boleh kurang dari 5 orang,”tandasnya. (Red)