DPRD Sulut Genjot Realisasi Dua Peraturan Daerah Sebelum 2021

ketua-bapemperda-dprd-sulut
Winsulangi Salindeho. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Tidak lama lagi Sulawesi Utara punya dua Peraturan Daerah (Perda) baru. Pertama Perda Fakir Miskin dan Anak Terlantar, kedua Perda Kedudukan dan Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut berupaya agar keduanya segera diketok sebelum 2021. Ini ditegaskan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulut, Winsulangi Salindeho kepada awak media, Minggu (27/12/2020).

“Saat ini Bapemperda telah menyelesaikan pembahasan dua buah ranperda insiatif Dewan. Yakni Ranperda Fakir Miskin dan Anak Terlantar, serta Ranperda Kedudukan dan Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut,” bukanya.

Target DPRD untuk mengeksekusi kedua Perda di akhir tahun 2020, bergantung pada putusan Kemendagri.

“Dua buah Ranperda insiatif saat ini sementara berada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri, red). Karena saat ini Kemendagri akan menfasilitasi kedua buah Ranperda tersebut,” jelas legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Utara itu.

“Jika fasilitasi ini berjalan sesuai waktu yang diharapkan, sebelum akhir tahun 2020, dua buah Ranperda ini sudah bisa ditetapkan menjadi Perda. Bapemperda telah berupaya agar ini lebih cepat selesai. Sehingga, di tahun 2020 sudah ada Perda yang dibuat DPRD Sulut,” tambah Salindeho.

Namun demikian, jika proses yang berlangsung di Kemendagri memakan waktu lama, dua Ranperda tersebut akan tetap direalisasi pada awal tahun 2021. (Red)