Pelabuhan-Tempat Umum Jadi Target Disinfektan BPBD Talaud

bpbd-talaud-siapkan-ribuan-liter-disinfektan
Ribuan liter disinfektas disiapkan BPBD Talaud. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga (MAP) meminta semua instansi dan seluruh elemen untuk menseriusi penanganan dan pencegahan covid-19. Ini dilakukan E2L-MAP demi menyelamatkan masyarakat Talaud dari ancaman Covid-19.

Instruksi E2L-MAP langsung direspon Badan Penanggulan  Bencana Daerah (BPBD) Talaud.  Plt Kaban BPBD Leida Dachlan memimpin jajarannya untuk turun melakukan penyemprotan disinfektan.

“Tahap pertama ini kami menyiapkan 2.000 liter disinfektan untuk digunakan tim reaksi cepat. Fokus utama penanganan adalah pelabuhan, bandara, pasar,tempat keramaian dan pusat fasilitas publik,” kata Leida kepada wartawan di Talaud, Selasa (12/1/2020).

Tim reaksi cepat menurut dia melakukan penyemprotan setiap kapal atau pesawat yang datang dan setelah penumpang turun. “Tidak ada kata berhenti untuk melakukan yang terbaik demi menyelamatkan Talaud dari ancaman covid-19,” ujarnya.

Leida juga menyebut jika BPBD membagikan 5 liter disinfektan ke setiap SKPD dan 25 liter ke tiap kecamatan. “Semua harus bergerak dan bersatu melakukan langkah preventif,” ucapnya.

Leida percaya jika semua elemen disiplin menerapkan protap kesehatan, maka Talaud akan terbebas dari ancaman Covid-19. “Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati benar-benar menseriusi hal ini. Dua pemimpin kita tak ingin ada warga lagi yang jadi korban,” ucapnya. (Red)