Jaga Hati, Hindari Ujaran Kebencian di Pilkada

  • Whatsapp
roland-roeroe (1)

Oleh: dr. Roland J.M. Roeroe.

DISELA-sela acara perayaan Natal Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Manado, yang dihadiri beberapa Sinode Gereja, Hamba Tuhan, Evanglist dan Para Pendeta, bahkan sahabat-sahabat dari umat muslim, saya hadir sebagai perwakilan PGI, Wasekum FK-PKB PGI.

Di acara tersebut, umat kembali dikuatkan dalam Doa dan Firman Tuhan oleh Pdt. Yohan Manampiring, M.TH dan Pdt. Yudi Tunari, S.Th.

Pada momentum pra Natal ini kita melihat, sosok Raja Damai yang lahir bagi kita semua, Yesus Kristus sebagai Tokoh Pemersatu setiap lapisan masyarakat sebagai bagian jemaat Tuhan. Untuk itu, dalam menghadapi Pilkada pada 9 Desember, saya mengajak kita untuk terus memohon kebijaksanaan dari Tuhan, mengambil peran membangun bangsa, diantaranya ambil bagian dalam pemilihan kepala daerah untuk melahirkan pemimpin bangsa termasuk Sulut dan Kota Manado didalamnya.

Siapapun yang terpilih, kita Doakan dengan hikmat dan bijaksana dari Tuhan dapat membawa bangsa ini untuk lebih maju, dan lebih baik lagi kedepannya.

Pemimpin yang terpilih haruslah dapat melayani masyarakat dengan baik, karena kepemimpinan pelayan terbukti sangat baik untuk menjadi teladan dan memajukan pembangunan yang berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, contohnya seperti kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo yang penuh dengan kerendahan hari betul-betul bekerja demi kesejahteraan rakyatnya.

Pemimpin daerah merupakan ikon utama sebagai alat pemersatu bangsa, sehingga seyogyanya pemimpin akan membawa bangsa ini memenangkan pergumulan masalah covid-19, masalah kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan sehingga dapat tercipta lompatan-lompatan daya juang untuk kebahagiaan masyarakat sendiri.

Kita doakan agar vaksin covid-19 yang sudah mulai didistribusi secara global akan membawa pemulihan bangsa.

Menghadapi Pilkada serentak 9 Desember 2020, mari kita terus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, menangkal potensi-potensi perpecahan dan terus saling mendoakan sehingga lewat pilkada ini, kita dapat melahirkan kepemimpinan yang kuat dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Pada akhirnya kitalah yang akan menikmati hasil perjuangan diatas, untuk lebih mempersatukan masyarakat Indonesia, Sulut dan Kota Manado khususnya sebagai Ibukota, dan kita akan menatap kemajuan pembangunan yang baik dari masyarakat yang bersatu dalam kepelbagaian suku, agama, ras dan golongan sehingga Indonesia terus berproses menjadi bangsa yang besar dan maju disetiap aspek lini kehidupan.