Vanda Sarundajang Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Minsel

  • Whatsapp
vanda-sarundajang-bersama-masyarakat
Vanda Sarundajang bersama masyarakat.

KOMUNIKASULUT.COM – Ibu Vanda Sarundajang (VASUNG) anggota Komisi X DPR RI Dapil Sulawesi Utara yang juga Ketua Taruna Merah Putih (TMP) DPD Sulawesi Utara menyampaikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Lopana, Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Dibuka dengan Doa oleh Pdt. Susan Rompas. S.Th.

Dalam sambutan oleh Ketua TMP DPC Minsel, Bapak Vanny Pua, S.E, menyebutkan bahwa Kegiatan ini sangat Penting dalam tatanan kemandirian masyarakat dan pemahaman pada masyarakat umumnya khususnya muda-mudi agar supaya mereka lebih mencintai NKRI dan bisa lebih giat lagi dalam belajar mengenai demokrasi cinta akan kebangsaan, ucap Vanny.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat, kader Taruna Merah Putih (TMP) DPC Minsel, serta simpatisan PDI-Perjuangan untuk semakin mengukuhkan konsep kebangsaan. Adapun 4 pilar kebangsaan yang disampaikan adalah; (1) Pancasila, (2) UUD 1945, (3) NKRI, dan (4) Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai ideologi dasar bangsa Indonesia, merupakan rumusan dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. UUD 1945 adalah hukum dasar negara Indonesia sekaligus konstitusi pemerintahan, hukum paling tinggi dalam strata hukum Indonesia,” tutur Vanda.

“NKRI adalah bentuk negara Indonesia yang dianggap sudah final, tidak lagi untuk diperdebatkan sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika adalah perwujudan keragaman bangsa Indonesia yang terdiri dari suku, bangsa, bahasa, dan agama namun tetap satu, sebagai tanda kematangan berbangsa,” tegasnya lagi.

Ia juga menyampaikan, bahwa 4 pilar kebangsaan ini haruslah menjadi substansi dalam pemahaman masyarakat, bahwa bangsa ini dibangun dengan 4 pilar, dan untuk membangun bangsa ini kedepan juga harus dibangun berdasarkan 4 pilar.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Sekretaris TMP DPD Sulut. Pak Torry Koyongian beserta Team VASUNG: Mepi manuhutu, Devi Christian, Teddy Pangaila, Very Umbas, Vengky Supit. Serta Pengurus Taruna Merah Putih (TMP) DPC Minahasa Selatan, PAC Sampai Ranting. Dalam akhir kegiatan Ibu Vasung Membagikan Masker beserta buku-buku kepada peserta.

Acara tersebut dilakukan dengan Protokol Kesehatan (Covid-19) yang ketat yaitu memakai masker dan Menjaga jarak.

Peliput: Van Basten

Pos terkait