Polii Ketua HKTI Tomohon, Lumentut Ajak Prioritaskan Pembangunan Pertanian

  • Whatsapp
Suasana Musda dan Pelantikan HKTI Tomohon.

KOMUNIKASULUT.COM – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih Ketua DPC Kota Tomohon.

Musyawarah digelar di Lokasi Wisata Alam Tu’ur Maasering, Jumat (26/03/2021). Dan secara aklamasi memutuskan Jefry Polii sebagai Ketua DPC HKTI Kota Tomohon.

Menanggapi hasil putusan aklamasi dari sejumlah perwakilan kelompok tani dan pengurus kecamatan yang hadir memberi suara, Jefry Polii atau yang akrab disapa Jepol, menyatakan tidak bisa menolak permintaan Petani dan siap menjalankan amanat ini.

“Saya bersedia menjadi ketua HKTI di Tomohon, saya bersedia patuh untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan yang berlaku di organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, saya bersedia melaksanakan segala keputusan dan petunjuk dewan pimpinan pusat maupun daerah Sulut HKTI, dan saya siap membesarkan HKTI Kota Tomohon dengan segala daya,” ucap Jepol.

Ia pun menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan DPC HKTI Kota Tomohon periode 2021-2026.

“Harapan kita semua kepengurusan ini dapat mengemban amanah mengelola dan membina kelompok-kelompok tani (Poktan) demi kesejahteraan petani yang ada di Kota Tomohon,” ungkap Wawali Lumentut.

Sementara itu Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut meminta agar mendata seluruh petani yang tidak masuk dalam Poktan, agar keluhan mereka susah mendapatkan pupuk dan sebagainya dapat dicarikan solusi.

“Pemkot Tomohon akan memecahkan masalah tersebut dengan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi untuk menambah depot dan juga terkait pupuk bersubsidi,” ucap Paani, sapaan akrab Wenny.

Wawali Lumentut menjelaskan bahwa Pertanian di Indonesia dan di Kota Tomohon tetap menjadi primadona dan sebagai tulang punggung perekonomian nasional maupun daerah.

“Oleh karena itu, pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas, termasuk Kota Tomohon yang menetapkan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah,” ucapnya.

Diketahui, hadir pula mewakili Pemerintah Kota Tomohon dari Dinas Pertanian dan para Camat se-Kota Tomohon. Sedangkan Musda berlangsung dengan Pimpinan Sidangnya, Sekretaris HKTI Sulut, Wakil Ketua OKK HKTI Sulut, DPC HKTI Tomohon.

Oleh: Yaya Piri