DPRD Sulut Perdalam Wawasan Legislator di Bimtek Perdana 2021

  • Whatsapp
DPRD Sulut mendengarkan materi. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pertama di tahun 2021.

Ini demi memperdalam bekal ilmu para penghuni Gedung Cengkeh, dalam melaksanakan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) di tengah masyarakat.

Kegiatan berlangsung di Hotel Mercure, Jalan Raya Tanawangko, Desa Tateli, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut, Selasa (27/4/2021).

Bimtek dibuka Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Sulut, Edison Humang, dan ditutup oleh Ketua DPRD Sulut, dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B, KBD.

Andi antusias dengan kegiatan ini. Materi yang disajikan sangat menarik dan substantif, sehingga dinilai mampu memperkaya wawasan dan pengetahuan seluruh peserta. Output kegiatan dapat dirasakan seluruh anggota dewan tanpa terkecuali, baik yang sudah lama menjabat maupun yang baru.

“Di Bimtek hari ini, saya kira banyak hal yang kita dapatkan untuk menambah wawasan pengetahuan, dan penguatan kapasitas kita sebagai anggota dewan. Apalagi untuk yang baru duduk di legislatif,” lugasnya.

“Saya sendiri yang berlatar belakang seorang Dokter Ahli Bedah, yang sering diberikan otoritas untuk membuka dan menutup perut orang, itu tidak pernah mendapatkan hal yang luar biasa seperti hari ini,” ungkap legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Utara itu.

Andi optimis bekal yang diperoleh dalam Bimtek ini akan berdampak baik bagi konstituen. Untuk itu, ia bersama 44 wakil rakyat lainnya terus berkomitmen untuk mengutamakan kesejahteraan warga Nyiur Melambai.

“Saya yakin dan percaya, apa yang kita dapatkan akan bermanfaat bagi tugas-tugas kita di DPRD Sulut. Utamanya untuk mewujudkan masyarakat Sulawesi Utara yang semakin sejahtera,” tandas ketua dewan.

Kegiatan dirangkaikan dengan dua sesi materi interaktif. Pertama disampaikan Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Dr. Drs. Sugeng Haryono, M.Pd, dengan materi “Pertanggunjawaban Reses dan Penyusunan Pokok Pikiran.” Kedua oleh Samsul Rahmat, M.A, seorang Public Speaking Coach sekaligus Komisaris PT. Lumosa Forina Raya (lembaga independen yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia), dengan materi “The Power of Public Speaking.”

Kegiatan diikuti 29 anggota dewan dan jajaran pimpinan Sekretariat DPRD Sulut. Di antaranya adalah Sekretaris Dewan, Glady Kawatu, S.H, M.Si; Kepala Bagian Umum, Jhon Paerunan, S.H; Kepala Bagian Persidangan, Ronny Geruh, S.Sos; Kepala Bagian Keuangan, Dammy Tendean, S.E, M.M, juga para kepala sub bagian.

Peliput: Rezky Kumaat

Pos terkait