Pemkot Tomohon Serahkan 30 Ijazah ke Anak Binaan

  • Whatsapp
Salah satu anak binaan menerima ijazah dari Caroll Senduk. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 02 Mei nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Wali Kota Caroll Senduk menyerahkan 30 ijazah Paket B dan C bagi warga binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tomohon, Jumat (30/04/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Tomohon Dolvin Karwur dalam sambutannya mengatakan, Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak, tanpa dilihat dari persoalan hukum.

“Maka dari itu, sejak 2015 lalu pihak Pemkot Tomohon bekerjasama dengan LPKA Kelas II Tomohon, melaksanakan program ujian Paket B dan C bagi para warga binaan ini,” ujar Karwur.

Menurut Karwur penyerahan ijazah bagi warga binaan yang diberikan ini adalah hasil dari ujian yang sudah diadakan pada tahun ajaran 2020 lalu.

“Sebenarnya di tahun ajaran lalu sudah diserahkan ijazahnya. Namun, ada beberapa yang sudah bebas sehingga sulit dicari tahu keberadaannya. Sejak 2015 hingga 2020 sudah sebanyak kurang lebih 60 peserta ujian di LPKA Tomohon ini,” ungkap Kadis Dikbud itu.

Sementara itu, Walikota Tomohon, Caroll Senduk mengatakan, dengan masuknya pendidikan ditengah-tengah anak-anak yang lagi dibina ini, tentunya menjadi modal disaat kembali hidup bebas di tengah masyarakat.

“Karena sudah dibina disini tentu disaat sudah keluar akan ada karakter yang berbeda. Kami pun meminta agar masyarakat bisa menerima mereka. Karena disini (LPKA -red) dalam binaan yang tentu sudah baik juga,” ujarnya

Dalam kegiatan penyerahan Ijazah tersebut dilanjutkan dengan Pembukaan naskah ujian dan pemantauan ujian akhir pendidikan kesetaraan paket C, pemantauan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C, serta penyerahan modul pembelajaran paket C yang diikuti sejumlah warga binaan di tahun ajaran 2021 ini, secara langsung oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk.

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi lahan praktek siswa binaan bidang pertanian, yang ada di dalam lingkungan LPKA.

Tampak hadir, Ketua TP-PKK Jeandreac Senduk-Karundeng, Ketua DPRD Tomohon Djemmy Sundah, , Kepala LPKA Tomohon Marulye Simbolon, serta sejumlah pejabat Pimpinan Daerah lainnya.

Oleh: Yaya Piri

Pos terkait