Dekranasda Tomohon Dilantik CSWL

  • Whatsapp
Sambutan dari Wenny Lumentut. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM –Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kota Tomohon periode 2021-2024 yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon, Jumat (07/05/2021).

Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon Ny. Jeand’arc Senduk-Karundeng mengatakan bahwa sesuai dengan AD/ART dewan kerajinan Nasional pasal 27 ayat (5) bahwa pengurus dekranasda Kabupaten Kota, dilantik oleh ketua dekranasda Kabupaten Kota yang bersangkutan, Sebagaimana acara pelantikan yang kita ikuti bersama saat ini.

“Saya menyampaikan selamat kepada pengurus dekranasda yang baru dilantik untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab selang periode tahun 2021 hingga 2024,” ucap drg Jeand’arc Senduk Karundeng.

Sementara Walikota Caroll Senduk yang juga sebagai pembina dekranasda Kota Tomohon berharap, pengurus dekranasda Kota Tomohon yang baru, kiranya mampu membantu mewujudkan visi dan misi Walikota dan wakil Walikota Tomohon.

“Institusi Dekranasda adalah lembaga independen dan nirlaba sebagai wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan di bidang seni kerajinan di Indonesia, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra Pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin,” ucap Caroll.

Menurutnya kekayaan budaya dan alam, dapat diolah dalam bentuk barang kerajinan, khususnya Kota Tomohon yang memiliki keunikan tradisi dan budaya, dapat mengembangkan kreatifitas secara dinamis dan melahirkan industri – industri kreatif di berbagai bidang terutama di bidang kerajinan.

“Industri kreatif inilah yang diharapkan untuk menjadi kekuatan ekonomi Kota Tomohon kedepannya,” tandas Walikota.

Senada dengan Ketua dan Pembina Dekranasda Kota Tomohon, Wakil Walikota Wenny Lumentut juga sangat mengapresiasi atas pelantikan kepengurusan dekranasda Kota Tomohon ini.

Namun Wenny juga mengingatkan agar setiap oraganisasi yang dilantik agar mampu menciptakan produk yang berasas manfaat demi kesejahteraan dan wujudkan Kota Tomohon hebat.

“Saya sampaikan dalam kesempatan ini, setiap pelantikan sesuatu kelompok oraganisasi, kalo bole mampu melahirkan produk, jangan cuma sekedar kumpul-kumpul seremonial saja, yang sebentar dan habis di makan waktu,” tukas Wawali Wenny.

Wawali pun menantang dekranasda Kota Tomohon berupa pemikiran-pemikiran yang bisa disampaikan ke Walikota.

“Dalam rapat koordinasi coba buat pemikiran-pemikiran inovasi, coba cari referensi dengan banya membaca buku, lewat internet, cari inovasi apa yang bisa diciptakan dan dibutuhkan,” ajak Wenny.

Wenny mengatakan, “Kalo bole buat inovasi dan rapat-rapat tentang apa yang akan dibuat, sehingga bisa menciptakan produk autentik Kota Tomohon,” ucapnya.

“Sehingga dalam bentuk konkrit, putaran ekonomi bisa berimbas kepada pendapatan masyarakat, membantu pengrajin, kalo mereka jadi besar, order jadi besar, dorang akan pake tenaga kerja yang dibutuhkan,” Tandas Wenny Lumentut.

Oleh: Yaya Piri

Pos terkait