Penggantian Direksi PD Pasar Manado Terbilang Langka

  • Whatsapp
Direksi PD Pasar Manado berdiskusi dengan awak media.

KOMUNIKASULUT.COM – Ada peristiwa unik yang terjadi di masa peralihan Direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado, dari yang lama kepada yang baru.

Direktur Umum PD Pasar Manado periode sebelumnya, Jackly Sangari, mengundurkan diri dari posisinya. Jabatan itu kini diemban Lucky Senduk, setelah resmi dikukuhkan Walikota dan Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw dan Richard Sualang, Rabu (19/5/2021).

Hal ini dibenarkan Direktur Utama PD Pasar Manado, Roland Roeroe. “Pak Jeckly Sangari dengan sukarela mengundurkan diri sebagai direktur umum. Ia memberi kesempatan penuh kepada jajaran direksi beserta dengan KPM, untuk menentukan penempatan posisi direktur umum yang baru,” bukanya kepada awak media.

“Setelah kami sepakati antara jajaran direksi dan Dewan Pengawas KPM, SK telah ditandatangani dan sudah diserahkan kepada Pak Lucky Senduk sebagai Direktur Umum PD Pasar Manado,” tambah Roland.

Ini proses yang sukar terjadi di sebuah perusahaan daerah. Roland pun menganggap ini hal yang luar biasa. Ia juga mengapresiasi sikap legowo dari direktur umum yang lama, yang tetap mau bersinergi bersama Pimpinan PD Pasar yang baru.

“Pergantian ini adalah penyegaran biasa, yang dilaksanakan dengan proses yang luar biasa. Kenapa luar biasa? Karena direktur umum yang lama, Pak Jeckly dengan sukarela mengundurkan diri. Ini jarang terjadi. Biasanya pergantian pimpinan itu tidak pernah seperti ini,” ungkapnya.

“Pak Jackly Sangari kami angkat sebagai salah satu Kabag, yang nanti akan kami acarakan dalam proses pelantikan sendiri. Walaupun turun posisinya dari direktur umum ke Kabag, tapi beliau akan tetap dengan semangat yang sama, bahkan akan lebih bekerja dengan sukacita,” jelas Roland.

Keputusan Jackly mendapat atensi positif dari jajaran Direksi PD Pasar Manado. Sikapnya dinilai merupakan perwujudan dari konsep pasar yang sedang mereka gaungkan, yakni ‘Revolusi Mental untuk Menuju Pasar Profesional.’

“Inilah contoh yang kami maksudkan dengan ‘Revolusi Mental untuk Menuju Pasar Profesional.’ Jabatan itu biasa. Jangan dianggap jabatan ini akan kita peluk sampai mati. Sehingga, segala cara seolah mau dilakukan untuk bisa terus mempertahankannya,” lugas Roland.

Dengan adanya kejadian ini, ia memastikan proses peralihan jabatan di PD Pasar Manado berlangsung kondusif. Tidak ada perdebatan ataupun konflik internal yang tidak diperlukan dalam pengambilan keputusan ini. “Pergantian ini berjalan dengan sangat smooth dan sangat baik,” tandas Ketua Tim Kampanye AARS itu.

Roland menyampaikan hal tersebut, di sela-sela diskusi santai bersama awak media di Cafe Basombar, Kelurahan Tikala Ares, Kecamatan Tikala, Manado, Rabu (19/5/2021).

Peliput: Rezky Kumaat

Pos terkait