Di Hari Pentakosta, Sualang Ingatkan Jemaat Jangan Tergerus Perubahan Jaman

  • Whatsapp
Pnt. Richard Sualang mendapat kesempatan sebagai khadim. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Wakil Walikota Manado, Richard Sualang memimpin peribadatan di Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) El Manibang, Kel. Malalayang 1 Barat, Kec. Malalayang, Minggu (23/5/2021).

Richard yang juga seorang penatua, mendapat kesempatan sebagai khadim dan mewartakan Firman Tuhan di Hari Pentakosta. Ayat yang direnungkan adalah Kisah Para Rasul 2:1-13, dengan tema ‘Roh Kudus Mengubahkan.’

Menurutnya, tantangan terbesar umat Kristiani saat ini adalah arus perubahan jaman. Meskipun ini beriringan dengan manfaatnya, namun imbas buruknya dapat menggoncang kepercayaan jemaat.

“Kita sedang memasuki era five point zero (5.0, red). Di era ini, kita berpadu dengan era disrupsi teknologi digitalisasi yang super canggih. Adanya fenomena ini berdampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Imbasnya, kita mengalami kecenderungan untuk bergaya hidup hedonis, materialis, konsumeris, egois, diskriminatif, menyebarkan berita hoax, dan berbagai hal lainnya,” buka Richard.

Ia mengajak jemaat untuk terus berjaga-jaga dan membentengi diri dari arus perubahan itu. Jangan kendorkan iman terhadap Roh Kudus yang telah dikaruniakan Tuhan di tengah umat. Ini akan mencegah kita melakukan hal-hal yang menuju pada penghancuran diri (self destuctive).

“Orang-orang percaya pasti dimampukan untuk mencermati, mengkritisi, dan menyikapi dampak baik maupun buruk di era super moderen ini. Roh Kudus terlebih mampu untuk mengubahkan manusia. Sehingga, kita dapat berpikir, berkata, dan berbuat dengan tidak mengikuti keinginan sendiri, yang cenderung merusak tatanan hidup Anugerah Allah. Jadilah berkat bagi siapapun sesama kita, baik di lingkungan tempat tinggal, tempat kerja, dan di manapun itu,” ujar Richard.

“Semoga kita semua ditimpahi Roh Kudus yang mengubahkan dan menggerakkan, dalam setiap kehidupan serta aktivitas pekerjaan kita. Baik sebagai jemaat, anak sekolah minggu, remaja, pemuda, wanita kaum ibu, apalagi pada Pria Kaum Bapa yang merupakan kepala rumah tangga. Karena hari ini juga merayakan Hari Persatuan Pria Kaum Bapa GMIM, maka dari itu biarlah menjadi berkat bagi sesama kita manusia,” tandas Wakil Walikota Manado itu.

Di kesempatan itu, Richard juga menyisipkan doa untuk Walikota Manado, Andrei Angouw yang sedang berulang tahun ke-50. Ia dan seluruh jemaat memanjatkan harapan terbaik bagi pemimpin mereka, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan pekerjaan.

“Hari ini Bapak Walikota berusia 50 tahun. Kami berdoa agar Tuhan senantiasa terus memberkati dan menjaganya, dalam setiap tugas dan pelayanan. Sehingga dapat membangun Kota Manado yang lebih baik dan sejahtera,” ucapnya dalam doa syafa’at. (**)

Pos terkait