Caroll Senduk Dorong Kelompok Tani Tingkatkan Ekonomi Tomohon

  • Whatsapp
Walikota Tomohon menghadiri pelantikan kelompok tani banteng victory. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Walikota Tomohon Caroll Senduk mengungkapkan bahwa pertanian di Kota Tomohon menjadi salah satu andalan perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara dan daerah sekitarnya.

Hal Itu dikatakannya saat pengukuhan Kelompok Tani (Poktan) Banteng Victory, Poktan Milenial Batamang, dan Kenaikan Kelas Poktan Alfa Omega. Jumat (28/05/2021) di Perkebunan Pah’kotaan Kelurahan Tumatangtang.

“Oleh karena itu pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas dan merupakan sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah,” ucap Senduk

Menurutnya, hal ini sesuai dengan visi yaitu Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, dengan misi, memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya kelompok-kelompok tani ini, secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di Kota Tomohon,” ujarnya

Selanjutnya Walikota juga menjelaskan agar dalam kepengurusan kelompok tani, senantiasa memahami arah dan tujuan terbentuknya kelompok tani.

“Diantaranya untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan produktifitasnya, serta menjalankan fungsi utamanya sebagai wadah bersama bagi anggota untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memanfaatkan teknologi pertanian untuk kehidupan yang lebih baik,” jelas Caroll

Selain itu Caroll mengajak kelompok tani saat ini harus menanamkan filosofi berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan prospek pasarnya cerah. Serta mengolah dan memberdayaakan lahan-lahan tidur untuk ketahanan pangan.

Sehingga benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran.

“Karena itu dalam meningkatkan pertanian maka kita diharapkan untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan Dinas Pertanian Kota Tomohon serta pihak-pihak terkait lainnya.” Tandas Caroll Senduk.

Hadir Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene, DEA, Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP, Camat Tomohon Selatan Stenly C. Mokorimban, SH, serta Anggota Kelompak Tani yang akan dikukuhkan.

Oleh: Yaya Piri

Pos terkait