SMKN 1 Tumpaan Door To Door Umumkan Kelulusan Siswa

  • Whatsapp
Pihak sekolah menyerahkan hasil ujian kepada salah satu siswa. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Angkatan tahun 2021 ini bisa dikatakan sangat menarik. Karena kedua kalinya dalam sejarah pendidikan di Indonesia tidak dilakukannya Ujian Nasional (UN) di tahun 2021 ini. Karena sudah kita ketahui bersama bahwa di tahun kita mengalami Pandemi Covid-19. Tapi tidak serta merta angkatan 2021 ini bisa di katakan “auto lulus” tetap saja harus ada proses yang harus dilalui.

Pada tanggal 3 Juni kemarin, menurut kalender pendidikan tanggal tersebut merupakan pengumuman kelulusan bagi siswa kelas XII untuk jenjang SMA/SMK/Sederajat. Untuk proses kelulusan bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Tumpaan dilakukan dengan mengikuti protokol Covid-19. Yaitu jangan ada kerumunan masa dan harus tetap berada di rumah “Stay at home”. Maka SMK N 1 Tumpaan mengumumkan hasil kelulusan tersebut melalui mengirim sampul ke Rumah siswa/i Masing – masing.

“Karena ini sedang terjadi pandemi covid-19 jadi untuk mengumumkan kelulusannya kita gunakan protokol pandemi Covid-19. Agar infromasi kelulusan sampai pada siswa, kita langsung ke rumah siswa maupun siswi Tutur Dra. Marien Lintong, M.Pd, selaku kepala SMK N 1 Tumpaan.

Menurut Kepsek, pelaksanaan pengumuman ini dilaksanakan oleh guru-guru dibantu tenaga pengajar lain. Mereka mendatangi langsung rumah siswa dan menyerahkan surat kelulusan.

“Para siswa dan orang tua murid hanya menunggu di rumah,dan kami akan mendatangi tiap tiap rumah siswa untuk memberitahukan lulus tidaknya siswa tersebut “, jelas Mner Alter Kumendong, SE salah satu walikelas yang membawa surat kelulusan.

“Ia mengatakan, kegiatan ini juga dikarenakan untuk menghindari kerumunan massa disaat pandemi Covid 19, dan juga untuk menghindar dari euforia kelulusan yang biasanya mereka para siswa luapkan kegembiraan dengan mencoret coret baju seragam dan biasanya berujung kegaduhan yang bisa menciptakan keributan dan perkelahian.

Pengumuman kelulusan yang dilakukan SMK N 1 Tumpaan mulai dikirim kepada siswa pada tanggal 3 Juni 2021 pukul 09.00 wita oleh wali kelasnya masing-masih sesuai dengan instruksi dari kepala sekolah.

Oleh: Van Basten