Ahli Pers Sulut Bekali Oi Manado Pengetahuan Jurnalistik

  • Whatsapp
Oi Manado bersama Yoseph Ikanubun (hitam/kedua paling kanan). (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Badan pengurus Kota (BPK) Ormas Oi Manado bidang pendidikan telah mengelar pelatihan jurnalistik tingkat 1, dengan mengundang pemantik Yosep Ikanubun salah satu jurnalis Liputan6.com, di Kantor Barta1.com, Sabtu (19/06/2021), Pukul 16:16 -18:00 Wita.

Pada kesempatan itu, Ikanubun memberikan pemahaman terkait apa itu Pers, Berita, Kode Etik Jurnalistik dan diakhiri dengan Pelatihan menulis bagi 7 anggota Oi Manado yang terlibat pada pelatihan Jurnalistik.

Ikanubun juga menjelaskan jenis berita ada dua yaitu, berita keras dan lunak.

“Berita jenis keras adalah berita Starnews, sedangkan lunak bersifat Pitcture dimana ada perpaduan tulisan sastra dan jurnalistik, tapi bersifat aktual,” jelasnya.

Ketua Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Kota Manado periode 2013-2018 menambahkan, Jurnalis itu harus mencari berita untuk kepentingan Publik. “Seorang jurnalistik itu harus mencari berita untuk kepentingan Publik.”

Adapun ciri-ciri berita seperti bernilai, aktual, populer, konflik, keanehan, jarak atau kedekatan dan Human Interest.

Bukan itu saja, Ikanubun menjelaskan unsur-unsur berita 5 W + 1 H. “Dasar untuk menulis berita 5 W + 1 H, dimana What: apa, Who: siapa, why: mengapa, when: kapan, Where: dimana dan How: bagimana,” ujarnya.

Sedangkan Mustofa Hasan ketua BPK Ormas Oi Manado dalam sambutanya mengatakan, pelatihan Jurnalistik ini tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Oi Manado.

“Pelatihan Jurnalistik kali ini untuk meningkatkan SDM anggota Oi Se-Kota Manado, dikarenakan kegiatan pengurus Oi sebelumnya hanya seremonial saja,” ucapnya.

Menurutnya, BPK Oi Manado memiliki beberapa bidang, yang kedepannya akan melakukan program-program berkaitan dengan peningkatan SDM.

7 anggota Oi yang ikut pelatihan Jurnalistik diantaranya, BPkel Oi Bongkar, BPkel Oi Rock N Rol dan BPKel Oi Myt dan BPKel Oi Hidup. (*)