Manado Kehilangan Wakil Walikota Pertamanya

  • Whatsapp
Teddy Kumaat, S.E. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Wakil Walikota Manado periode 2000-2005, Teddy Kumaat, S.E, dikabarkan telah berpulang pada Rabu (23/6/2021).

Ia menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, sekitar pukul 13.14 WITA.

Sementara ini awak media belum bisa memperoleh informasi selengkapnya dari pihak keluarga, terkait penyebab utama kematian Teddy. Namun diketahui, Teddy sempat mengidap kanker tenggorokan beberapa tahun belakangan. Ia pernah kehilangan suaranya karena penyakit itu.

Kabar ini sontak menggemparkan masyarakat Manado. Pasalnya, Sulawesi Utara kembali kehilangan salah satu sosok pemimpin yang pernah berkontribusi membangun ibu kota Nyiur Melambai itu. Ia juga dikenal sebagai figur yang vokal dalam memperjuangkan aspirasi dan hak masyarakat. Apalagi Teddy merupakan Wakil Walikota pertama di Manado, selepas Era Reformasi.

Ia memimpin bersama Walikota Drs. Wempie Frederik. Teddy juga menjadi kepala daerah termuda di Sulut masa itu. Ini membuatnya sebagai salah satu pemimpin Manado yang spesial.

Kumaat juga pernah menduduki beberapa posisi strategis pasca menjabat sebagai orang nomor dua di Kota Tinutuan. Salah satunya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut, Daerah Pemilihan (Dapil) Manado, periode 2009-2014 lewat Partai Gerindra. Lalu periode 2014-2019 lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kala itu Teddy melaksanakan kerja-kerja legislatifnya di Komisi 2 Bidang Perekonomian. Ia juga dipercayakan sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut.

Media akan terus memperbaharui informasi mengenai kabar duka ini.

Oleh: Rezky Kumaat