Sulut Ketambahan 143 Kasus Covid-19, Manado “Penyumbang” Terbanyak

  • Whatsapp
Penggalan surat edaran Satgas Covid-19 Sulut. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Sulawesi Utara ketambahan 143 kasus positif Covid-19 pada Sabtu (3/7/2021). Ini berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sulut.

“Untuk hari ini Sabtu, 3 Juli 2021, kami update pertambahan kasus terkonfirmasi positif sejumlah 143 kasus,” terang surat edaran yang berisi Siaran Pers Kondisi Epidemologi Covid-19 Sulut.

Kasus ini menjadi yang terbanyak sesuai rekapan data Satgas Covid-19 Sulut. Sejak hari raya bulan Mei 2021, persentase kasus positif naik naik secara brutal.

Trend pertambahan kasus positif harian di Sulawesi Utara pasca libur hari raya menunjukkan peningkatan mencapai 200%. Sebelum hari raya, per hari dideteksi rata rata 5 kasus perhari. Sementara sesudah hari raya meningkat menjadi 15 kasus per hari. Akan tetapi pada akhir Juni dan awal Juli ini, trend pertambahannya menunjukan tanda terjadinya peningkaan eksponensial,” papar Satgas Covid-19 Sulut.

“Pelipat gandaan kasus terjadi dengan cepat dan dalam periode waktu yang lebih pendek (berdasarkan trend 7 days moving average, red). Rata-rata per hari 5 kasus, berlipat menjadi 10 kasus perhari dalam 21 hari. Kemudian meningkat menjadi 20 kasus perhari dalam kurun waktu 12 hari. Dan naik menjadi rata-rata 40 kasus perhari dalam waktu 9 hari,” tambahnya.

Varian Covid-19 dicurigai sebagai “pelaku” utama dalam penambahan kasus ini. Terlebih khusus pada klaster yang terjadi di Manado, Tomohon, Bitung, dan Sangihe.

“Kecurigaan bahwa fenomena ini disebabkan oleh adanya penyebaran Variant of Concern (Alfa, Beta, Delta, dan Kappa, red) belum bisa dipastikan. Karena pemeriksaan genomik sequencing yang telah dikirimkan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit Manado ke Pusat Litbangkes Kemenkes RI, sampai saat ini belum ada hasil,” tutur Satgas Covid-19 Sulut.

“Akan tetapi pada beberapa klaster yang terjadi di Sangihe, Tomohon, Manado dan juga Bitung menunjukkan kecepatan transmisi yang menyerupai variant of concern ini,” ungkap mereka.

Dari 143 warga Sulut yang terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, Manado menjadi penyumbang terbanyak dengan 59 kasus. Sisanya terdiri dari Kepulauan Sangihe (23 kasus), Minahasa Utara (12 kasus), Minahasa Selatan (10 kasus), Minahasa (8 kasus), Minahasa Tenggara (7 kasus), Kepulauan Sitaro (7 kasus), Tomohon (5 kasus), Bitung (5 kasus), luar Sulut (3 kasus), Kepulauan Talaud (1 kasus), Bolaang Mongondow (1 kasus), Bolaang Mongondow Selatan (1 kasus), Bolaang Mongondow Timur (1 kasus).

Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Utara menjadi dua daerah yang tidak terjamah Covid-19 hari ini.

Dengan demikian, akumulasi kasus positif Covid-19 di Sulut menjadi 16.515 orang. Kasus sembuh 15.370. Kasus meninggal 559. Kasus aktif 586 orang.

Oleh: Rezky Kumaat