3.121 Calon Mahasiswa Lulus T2 Unsrat, Ini Jadwal Pendaftaran Selanjutnya

  • Whatsapp
Tugu Sam Ratulangi di depan Gedung Rektorat Unsrat. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Sebanyak 3.121 calon mahasiswa baru Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado telah lulus seleksi Jalur Mandiri Tumou Tou (T2).

Ini berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unsrat Nomor: 971/UN12/PD/2021, tentang Penetapan Peserta Lulus Seleksi Jalur Mandiri Tumou Tou (T2) tahun 2021. Keputusan tersebut dipublikasi di website resmi Unsrat baru-baru ini.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unsrat, Prof. Dr. Ir. Grevo Gerung, M.Sc, mengonfirmasi hal tersebut. Ia berpesan kepada calon mahasiswa yang sudah lulus, untuk segera melakukan registrasi ulang di laman pendaftaran.

“Yang sudah lulus silahkan daftar lagi, lakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba, red) secara online. Lihat di https://www.regmaba.unsrat.ac.id,” jelasnya kepada Komunika Sulut, saat dihubungi via WhatsApp, Selasa (6/7/2021).

T2 merupakan jalur masuk terakhir di Unsrat, setelah SNMPTN dan SBMPTN. Namun begitu, jumlah pasti calon mahasiswa yang akan berkuliah di Unsrat belum bisa diperoleh. Karena masih akan diverifikasi lagi oleh kampus.

Untuk besaran biaya per semester dari calon mahasiswa baru (Uang Kuliah Tunggal/UKT), kampus menetapkannya berdasarkan data pribadi yang sudah mereka isi sebelumnya.

“Data Regmaba akan divalidasi. Penentuan UKT melalui sistem online, tidak ada negosiasi. Besaran UKT berdasarkan data yang diisi calon mahasiswa. Setelah pembayaran UKT, maka NIM (Nomor Induk Mahasiswa, red) akan langsung diperoleh melalui sistem terintegrasi,” tandas WR 1.

Diketahui, jadwal registrasi ulang calon mahasiswa baru Unsrat dimulai tanggal 8-26 Juli 2021. Silahkan masuk ke https://regmaba.unsrat.ac.id dan login menggunakan nomor ujian T2 dengan PIN. PIN yang dimaksud adalah empat digit terakhir dari nomor ujian + dua digit bulan kelahiran + dua digit tangal lahir.

Batas pembayaran UKT serupa dengan jadwal registrasi, yakni dari tanggal 8-26 Juli 2021. Setelah melakukan pembayaran di Bank BRI/ BTN/ BNI, calon mahasiswa baru dapat melihat NIM dan password portal Inspirenya di laman yang sama (https://regmaba.unsrat.ac.id).

Usai memperoleh NIM dan password potal Inspire, langsung saja masuk di https://inspire.unsrat.ac.id untuk melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).

Unsrat memberikan disclaimer kepada seluruh calon mahasiswa baru. Jika terlambat melakukan registrasi ulang, terlambat membayar UKT, dan mengisi data pribadi yang salah, maka mereka dianggap mengundurkan diri atau dianulir dari proses pendaftaran.

Informasi selengkapnya mengenai proses ini, bisa langsung dilihat di https://www.unsrat.ac.id/peserta-lulus-seleksi-jalur-mandiri-tomou-tou-t2-tahun-2021/ dan https://www.unsrat.ac.id/pembayaran-ukt-bagi-calon-mahasiswa-baru-s1-yang-lulus-jalur-mandiri-tumou-tou-2021/.

Peliput: Rezky Kumaat