Pemprov Sulut Siapkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Bitung

  • Whatsapp
Fereydy Kaligis. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat peduli terhadap masyarakat korban kebakaran yang terjadi di Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa, Kompleks Pasar Tua baru baru ini.

Bantuan sosial berupa uang tunai disiapkan pemerintahan OD-SK untuk meringankan beban para korban kebakaran tersebut.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut Fereydy Kaligis mengatakan bantuan sudah siap diberikan berupa uang tunai, tinggal menunggu data korban dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

“Sesuai aturan maka kita harus ada data jelas dari Pemkot Bitung baru disalurkan sehingga penyaluran bantuan tidak salah alamat dan tepat sasaran,” tegas Kaligis kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (6/7/2021).

Lanjutnya, bantuan sosial uang tunai yang akan diberikan akan disalurkan melalui rekening masing-masing keluarga korban.

“Untuk itu kami sedang menunggu nama-nama yang jelas. Biar tidak salah sasaran. Dari laporan pihak Pemkot Bitung ada sebanyak 174 KK, dan  akan kami verifikasi kembali,” tegasnya lagi.

Sebenarnya Gubernur Olly maunya ketika terjadi bencana, bantuan langsung diberikan. Namun, karena adanya regulasi di mana harus ada data by name by address, jadi bantuan menunggu itu.

“Pimpinan suka segera direalisasikan, tapi mekanisme seperti itu (sesuai data rill) baru bisa diberikan. Kita takut jangan terjadi kesalahan. Harus ada pertanggungjawaban,” terangnya.

Hal yang sama pula akan diberikan di Kabupaten Minahasa Selatan.

“Kami terus komunikasi dengan Pemkab Minsel. Mudah-mudahan datanya secepatnya didapat agar bantuan cepat pula diterima,” tandasnya.

Oleh: Yaya Piri

Pos terkait