SMKN 1 Tumpaan Kenalkan Lingkungan Sekolah ke Siswa Baru

  • Whatsapp
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMKN 1 Tumpaan. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah tahun ajaran 2020/2021 di SMK Negeri 1 Tumpaan yang dibuka pada hari Senin (12/07/2021) oleh Kacabdin Minsel – Mitra Bapak Max Lengkong, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari (Senin-Rabu), secara virtual.

MPLS ini menghadirkan pemateri atau narasumber dari Kacabdin Minsel – Mitra, dengan materi tentang peraturan pemerintah tentang pendidikan SMK, dan materi tentang Kebijakan Pemerintah tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang di berikan oleh Kepala Sekolah Dra. Marien Lintong, M.Pd.

Ada juga materi tentang keamanan dan ketertiban masyarakat yang disampaikan oleh dua pemateri yaitu dari Kapolsek Tumpaan Tatapaan dan dari perwakilan Koramil Tumpaan Tareran.

Materi lain juga adalah materi wawasan wiyatamandala dan kesadaran berbangsa bernegara yang disampaikan oleh pengawas domisili SMK Negeri 1 Tumpaan.Drs. Johny Ondang. M.Pd, materi Pendidikan karakter dan tata tertib sekolah yang di sampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah urusan kesiswaan, Ibu Wilma Sumakul, S.Pd, M.Pd.

Materi Pengenalan materi kurikulum 2013 yang disampaikan oleh Pokja kurikulum yaitu Ibu Tanty Y. Langkai, S.Pd, M.Pd, dan ditutup dengan materi dari jurusan jurusan yaitu ada tujuh kompetensi /jurusan yang disampaikan oleh ketua ketua kompetensi keahlian dan para guru – guru kompetensi atau guru guru produktif didampingi oleh wali kelas di masing – masing kelas yang ada.

Adapun materi MPLS di SMK Negeri 1 Tumpaan sebagai berikut :
1. Pengenalan program sekolah
2. Pengenalan sarana dan prasarana
3. Pengenalan program kurikulum
4. Pengenalan manajemen mutu
5. Sosialisasi bahaya narkoba
6. Penyuluhan kenakalan remaja
7. Pengenalan dengan jurusan masing – masing
8. Pengenalan eksul dan osis
9. Wawasan Wiyatamandala

Seluruh calon peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS ini.”Kegiatan MPLS ini di SMK N 1 Tumpaan ini sangat menarik, karena informasi – informasi yang disampaikan tidak membuat kita bosan ditambah tiap materi yang disampaikan sangat bermanfaat. Ujar salah satu peserta didik yang bernama Kevin.

Kegiatan MPLS ini juga menampilkan profil sekolah yang di tayangkan tiap hari oleh panitia kegiatan MPLS disampaikan dalam bentuk Vidio yang secara LIVE atau langsung di Medsos Facebook sesuai aturan protab Covid 19 melalui LCD dan secara virtual oleh Kajur Multimedia Bapak Rijkard Tampemawa, S.Pd agar siswa yang di rumah bisa melihat, karna dalam profil skolah tersebut ada visi misi sekolah SMK Negeri 1 Tumpaan yang tercakup dalam delapan standar yang ada di SMK Negeri 1 Tumpaan, yang harus di ketahui oleh siswa dan orang tua murid. Dan semua siswa wajib memasukkan rangkuman risalah catatan selama pelaksanaan kegiatan MPLS yang telah disepakati untuk melatih anak – anak SMK Negeri 1 Tumpaan lebih mandiri dan siap berkompetensi.

“Masa pengenalan lingkungan sekolah ini adalah kegiatan awal untuk saling mengenal satu sama lain, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah SMK Negeri 1 Tumpaan, tutup Kepsek Dra. Marien Lintong, M.Pd.

Oleh: Van Basten