Jurnalistik atau Humas? Himakom Bantu Mahasiswa Pilih Konsentrasi Jurusan

  • Whatsapp
Para pemateri dan peserta kegiatan dalam room Zoom.

KOMUNIKASULUT.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Himakom) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, mengadakan kegiatan bertajuk Journalism vs Public Relation, Jumat (16/7/2021).

Kegiatan dibalut dalam forum diskusi yang berlangsung secara online (Zoom). Ini dalam rangka membantu para mahasiswa semester empat yang beranjak ke semester lima, sehingga mereka dapat memilih konsentrasi jurusan yang sesuai minat dan bakatnya.

Rehuel Jovanka selaku Ketua Himakom memaparkan hal itu kepada awak media. “Tujuan utama dari kegiatan forum diskusi ini untuk membantu mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, untuk memilih konsentrasi mereka. Disini mereka diberikan pandangan, pengalaman, dan insight melalui pemateri atau alumni yang sudah terlebih dahulu menjalani kuliah di konsentrasi masing-masing,” jelasnya.

Para mahasiswa pun diharapkan tidak lagi kebingunan, apalagi mengaku salah pilih konsentrasi nantinya. Karena para pemateri sudah cukup memberikan pencerahan mengenai seluk beluk dan prospek dari masing-masing konsentrasi.

“Harapan Himakom agar mahasiswa yang menjadi target audience dalam kegiatan ini, bisa menangkap dan menyerap informasi sebanyak mungkin tentang kedua konsentrasi. Baik itu Hubungan Masyarakat dan Jurnalistik. Sehingga mereka bisa memilih sesuai passion dan kebutuhan mereka dalam pembelajaran,” tambahnya.

Himakom juga ingin para tenaga pendidik di Jurusan Ilmu Komunikasi dapat berpartisipasi menyukseskan tujuan kegiatan ini. Karena mereka sendiri yang akan membekali mahasiswa di dua konsentrasi tersebut.

“Para pimpinan dan dosen kiranya bisa bersikap aktif dalam memberi informasi kepada mahasiswa, agar dapat membantu mereka mempertimbangkan dan menentukan dengan baik konsentrasi yang mereka pilih,” tandas Jovanka.

Kegiatan dimaterikan oleh empat pembicara, yaitu Kezia Paul dan Christina Kilapong dari perspektif Hubungan Masyarakat (Humas), serta Anastasya Lensun dan Rezky Kumaat dari perspektif Jurnalistik.

Meski digelar secara daring, diskusi berjalan cukup interaktif dan responsif dengan 40an mahasiswa yang hadir.

Peliput: Rezky Kumaat

Pos terkait