Pemprov Sulut Bagikan 61 Sapi Qurban di Idul Adha 2021

  • Whatsapp
Simbolis penyerahan sapi Qurban dari Olly Dondokambey ke Umat Muslim di Sulut. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw menyerahkan bantuan sapi kurban sebanyak 61 ekor di halaman Kantor Gubernur Sulut, Senin (19/7/2021).

Bantuan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1442 Hijiriah tersebut, masing-masing dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak 1 ekor, Pemprov Sulut 30 ekor dan pribadi Gubernur Olly Dondokambey sebanyak 30 ekor.

Penyerahan bantuan secara simbolis diterima Dewan Masjid Sulut yang nanti akan disalurkan ke semua Masjid di Bumi Nyiur Melambai untuk warga yang berhak menerimanya.

“Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha kepada umat Muslim di Sulut. Ini patut disyukuri bersama, karena meskipun dalam situasi pandemi kita boleh menyalurkan bantuan hewan kurban,” ungkapnya.

Selain menyerahkan hewan kurban, Gubernur Sulut juga menyerahkan 1.000 Alquran kepada perwakilan Dewan Masjid Sulut.

Sementara itu, Ketua Umum Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sulut, Syahrul Poli menyampaikan bahwa pemberian pribadi Gubernur Sulut yang setiap tahunnya meningkat mendapat apresiasi.

Ia mengaku, Gubernur Olly Dondokambey layak mendapatkan predikat Khalifah.

“Predikat Khalifah ini layak disematkan kepada pak Gubernur Olly Dondokambey. Karena beliau merupakan orang yang menebarkan rasa kasih sayang kepada masyarakat Sulut,” sebutnya.

Padahal sebagai non muslim, lanjut Poli, pak Gubernur Olly Dondokambey tidak punya kewajiban untuk memberikan kurban.

“Tetapi pemberian ini merupakan bentuk perhatian sebagai sesama anak bangsa. Kiranya Allah akan mengirimkan malaikat untuk memberikan kasih sayang kepada Bapak Gubernur Sulut,” tukasnya.

Diterangkannya, pemotongan hewan kurban berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Karena di tengah Covid-19, maka hewan kurban tidak harus dipotong pada tanggal 20 Juli 2021. Namun dapat dilakukan pada tanggal 21, 22 dan 23 Juli 2021,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut, Freddy Kaligis dalam laporannya menyampaikan untuk pengadaan hewan kurban diplot sebesar Rp800-900 juta.

“Sumber dana Biro Kesra ini merupakan anggaran rutin yang diplot setiap tahun untuk pengadaan hewan kurban,” bebernya.

Turut menyaksikan Ketua DPRD Sulut, Forkopimda Sulut, Ketua MUI Sulut, Ketua BAZNAS Sulut, Ketua Umum PHBI Sulut, Dewan Masjid, pejabat teras Pemprov Sulut, tokoh masyarakat dan para perwakilan penerima bantuan hewan kurban. (*)

Pos terkait