Andrei Angouw Dampingi Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung

Andrei Angouw (kanan/cokelat) mendapat kesempatan bersama Jokowi (tengah/merah), untuk menekan sirine tanda diresmikannya Tol Manado-Bitung. (Foto Istimewa)

komunikasulut.com – Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia ketujuh, Ir. Joko Widodo, Jumat (25/2/2022).

Peresmian ditandai dengan pembunyian sirine dan penandatanganan prasasti di lokasi kegiatan, yang berada di wilayah Desa Danowudu, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung. Jokowi ditemani Walikota Manado, Andrei Angouw dan Walikota Bitung, Maurits Mantiri dalam proses tersebut.

“Pada sore ini saya resmikan Jalan Tol Manado-Bitung, Ruas Danowudu Bitung, dengan luas sepanjang 13,5 Kilometer. Terima kasih,” singkat Jokowi

Setelah itu, ia bersama Walikota Manado menekan tombol sirine yang sudah dipersiapkan. Ini dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti tol bersama Walikota Bitung.

Prosesi peresmian disaksikan langsung jajaran Kabinet Jokowi yang hadir, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Hadir juga Gubernur Sulut, Olly Dondokambey; Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw dan rombongan walikota/bupati di Bumi Nyiur Melambai yang ikut serta.

Jokowi melanjutkan agendanya dengan mendatangi sentra vaksinasi di Bitung, untuk meninjau kegiatan vaksinasi massal yang serentak dilaksanakan kabupaten/kota se Sulut.

Di kesempatan itu, ia berinteraksi dengan perwakilan perangkat pemerintah dari masing-masing daerah, sembari mengevaluasi pencapaian vaksinasi di masyarakat.

“Intinya, kalau jangkauan vaksin di masyarakat sudah 70 persen ke atas, itu sudah bagus sekali. Baik vaksin dosis pertama, kedua, ataupun booster,” lugas orang nomor 1 di Nusantara itu.

“Selagi meningkatkan persentase vaksinasi, jangan lupa untuk memprioritaskan kaum lansia. Karena mereka sangat rentan terpapar wabah,” pesan Jokowi bagi jajaran pemerintah di Sulut.

Itu agenda terakhirnya di Sulut, yang menjadi kunjungan ke enamnya di Bumi Nyiur Melambai. Pukul 16.45 WITA, Jokowi dan jajaran langsung bergegas ke Bandara Sam Ratulangi Manado, untuk melanjutkan kegiatan di Jogjakarta.

Peliput: Rezky Kumaat

Pos terkait