Kunjungan Keenam Jokowi di Sulut Buah Sinergitas ODSK

Interaksi Jokowi dan Olly Dondokambey di sela-sela kegiatan di Sulut. (Foto Istimewa)

komunikasulut.com – Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi Provinsi Sulawesi Utara pada Jumat 25 Februari 2022. Ini merupakan kunjungan keenam yang dilakoni Presiden Jokowi ke Bumi Nyiur Melambai.

Beragam kunjungan yang dilakukan Jokowi, tak lepas dari kinerja apik Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang terus bersinergi dengan pemerintah pusat. Berikut rentetan perjalanan kunjungan kerja Jokowi ke Sulawesi Utara.

18 Oktober 2016
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo kala itu tiba di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada Selasa (18/10/2016) siang.

Presiden melakukan kunjungan kerja kali ini untuk meresmikan Bandara Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud pada 19 Oktober 2016. Masih segar dalam ingatan kala ke Talaud, Presiden Jokowi sempat “cuci muka” di tepi pantai yang kemudian fotonya viral di berbagai media.

27 Desember 2016
Presiden Jokowi kembali berkunjung ke Sulawesi Utara pada 27 Desember 2016. Jokowi datang untuk meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong di Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Selain meresmikan PLTP, Presiden Jokowo bersama Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo juga menghadiri perayaan Natal Nasional 2016, yang dilaksanakan di Gedung Wale Ne Tou, Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulut.

15 November 2017
Ini adalah kunjungan kerja ketiga bagi Presiden Joko Widodo ke Provinsi Sulut. Saat itu, Jokowi mengunjungi daerah ini setelah selesai mengikuti KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina. Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, sekitar pukul 02.00 Wita tengah malam. Ia dijemput Gubernur Olly Dondokambey.

31 Maret 2019
Presiden Jokowi kembali mengunjungi Bumi Nyiur Melambai tercinta. Kunjungan kali ini adalah untuk menghadiri silaturahmi bersama peserta Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) X Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) di Sutanraja Convention Centre, Kabupaten Minahasa Utara, pada Minggu (31/3/2019) malam.

Sebelumnya dari bandara, iring-iringan mobil Jokowi sempat sembilan kali dicegat masyarakat, tepatnya di dekat traffic light Transmart Kairagi. Warga melakukan hal ini agar bisa melihat dari dekat sosok RI 1 sekaligus berharap mendapatkan foto bersama.

4 Juli 2019
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Kota Manado. Salah satu agenda saat itu adalah memantau langsung perluasan terminal Bandara Sam Ratulangi Manado.

25 Februari 2022
Presiden Joko Widodo dijadwalkan tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, pukul 15.00 Wita, Jumat (24/2/2022) hari ini.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya kali ini akan meresmikan Jalan Tol Manado Bitung yang pembangunannya telah rampung 100 persen. Selain itu, di Kota Bitung, Presiden dijadwalkan juga akan memantau proses vaksinasi di Pelabuhan Peti Kemas Bitung.

Itulah rentetan kunjungan Presiden RI ke Provinsi Sulawesi Utara sebagaimana dihimpun tim redaksi. (*)

Pos terkait