PDIP Manado Sukses “Buka” Program Bakti Sosial Pusat di Sulut

Foto bersama jajaran pimpinan PDIP di Sulut, dalam pembukaan kegiatan bakti sosial PDIP Manado. (Foto: Komunika Sulut)

KOMUNIKASULUT.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Manado mengadakan bakti sosial dan vaksinasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, Jumat (24/9/2021).

Ini sekaligus membuka rangkaian kegiatan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Utara, di 15 kabupaten/kota. Kegiatan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari program PDIP pusat.

“Ini program PDIP secara nasional yang diinstruksikan Ibu Megawati dalam berbagai kesempatan. Makanya pada hari ini merupakan awal dari seluruh rangkaian bakti sosial yang diadakan PDIP Provinsi Sulawesi Utara, di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey,” jelas Richard Sualang selaku Ketua PDIP Manado.

“Kegiatannya dimulai dari Manado, lalu esok Kabupaten Minahasa Utara dan seterusnya. Jadwalnya sudah ada. Ini akan berlangsung di kabupaten dan kota yang lain,” sambung Wakil Walikota Manado itu.

Giat kemanusiaan ini akan berlangsung secara bertahap. Tujuannya untuk membantu bidang profesi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. “Target kita hari ini adalah membagikan 1000 paket sembako. Kita menyalurkannya kepada masyarakat yang memang perlu dibantu karena terdampak pandemi Covid-19,” ungkap Richard.

“Kegiatannya bersifat tematik. Jadi bantuan saat ini untuk pekerja kebersihan, esok untuk pekerja hiburan malam dan seniman, minggu depan untuk para sopir mikrolet, ojek online dan sebagainya,” tambahnya.

Sedangkan untuk vaksinasi, PDIP Manado ingin mendukung program Vaksin Hebat Pemerintah Kota Manado. Sehingga pelaksanaannya berbarengan.

“Kita juga mengsinkronkan kegiatan vaksinasi dengan Program Pemerintah Kota Manado. Hari ini ada sekitar 400 orang yang divaksin dosis pertama dan kedua,” terang Richard.

“Kita mendapat respon cukup baik dari masyarakat. Karena ternyata masih banyak yang belum divaksin. Kita mengakomodir masyrakat yang datang dari Kelurahan Sumompo, Buha, dan Bengkol. Intinya yang berada di sekitar TPA,” tandas sosok nasionalis dan visioner tersebut.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua DPD PDIP Sulut, Olly Dondokambey. Ia turut membagikan sembako kepada masyarakat. Tidak sampai disitu, Olly juga turut meninjau kondisi TPA Sumompo yang semakin membaik dari segala aspek.

Ini buah dari tangan dingin Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Manado, Franky Porawouw, di bawah kepemimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang.

Apresiasi pun tidak hanya datang dari Olly selaku Gubernur Sulut, tapi dari kepala-kepala daerah yang hadir. Dimana, mereka sendiri adalah kader PDIP di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota tempat mereka berasal. Di antaranya adalah Bupati Minahasa Selatan, Franky Wongkar; Walikota Bitung, Maurits Mantiri; Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda dan Kevin Lotulung selaku wakil bupati; Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey dan jajaran lainnya.

Selain itu, Olly juga melakukan penanaman bibit pohon Tabebuya di salah satu puncak TPA Sumompo. Ini demi merindangkan kawasan disana, juga untuk keperluan penghijauan. Olly dibantu Wakil Ketua PDIP Manado, Jefry Polii dalam proses tersebut.

PDIP Manado tidak sendiri dalam menyukseskan kegiatan. Mereka menggandeng Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado. Sebagian besar legislator terpantau hadir di lokasi.

Peliput: Rezky Kumaat

Pos terkait