Pemkot Manado Matangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2021-2026

Olly Dondokambey, Andrei Angouw, dan Richard Sualang di tengah Musrenbang RPJM Manado. (Foto Pemkot Manado)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah Kota Manado mulai merampungkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Manado tahun 2021-2026.

Ini berlangsung dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), yang digelar di ruangan serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (11/10/2021).

Konkritnya, kegiatan ini menjadi landasan Pemkot Manado untuk memetakan program pembangunan di masyarakat. Ini diutarakan Walikota Manado, Andrei Angouw dalam sambutannya.

“RPMJD ini akan menjadi bintang penuntun terhadap semua langkah kita kedepan. Apalagi RPJMD Manado masuk dalam RPJMD Sulawesi Utara dan RPJM Nasional. Jadi visi-misi saya dengan Pak Richard disesuaikan dengan Pak Gubernur dan Wakil Gubernur, juga Presiden dan Wakil Presiden,” bukanya.

Andrei berharap Musrenbang ini dapat menghasilkan program yang semakin memajukan kota dan mensejahterakan rakyat. Ini harus diperoleh melalui proses koordinasi dari bawah ke atas. Mulai dari tingkat masyarakat terbawah, ke ketua lingkungan, ke lurah, ke camat, ke Satuan Kerja Perangkat Daerh (SKPD), hingga sampai ke tangan pihak eksekutif.

“Di Musrenbang ini kita berembuk dan berdiskusi tentang apa yang akan kita lakukan kedepannya. Itu intinya. Ini sesuai dengan sila keempat dari Pancasila. Kita bermusyawarah untuk bermufakat,” jabar Walikota.

“Pendekatannya harus bottom up. Jadi pemerintah di tingkat kecamatan memiliki peran penting karena paling dekat dengan masyarakat, dan paling tahu soal masalah mereka. Tapi ini tetap menjadi tanggung jawab kita bersama karena ini merupakan visi-misi Pemkot Manado. Untuk itu, saya harap kegiatan ini menghasilkan yang terbaik untuk masyarakat dan kota kita,” tambahnya.

RPJMD Manado masih berada di tahapan perumusan hasil akhir. Setelah itu barulah bisa ditetapkan. Pembahasannya dipimpin Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut, Jenny Karouw dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Manado, Leidy Sekeon.

Musrenbang dibuka oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey didampingi Walikota Manado, Andrei Angouw dan Wakil Walikota Manado, Richard Sualang. Jajaran pejabat kecamatan, SKPD, dan stakeholder lainnya mengikuti langsung kegiatan ini. Baik secara fisik maupun virtual.

Hadir juga para staf khusus Walikota Manado yang baru dilantik beberapa hari lalu. Mereka turut berkontribusi dalam Musrenbang, dengan memberi masukan terhadap beberapa program Pemkot Manado yang perlu diralat dan dioptimalkan.

Peliput: Rezky Kumaat

Pos terkait