Richard Sualang Lantik Pengurus FAJI dan FPTI Bitung

Richard Sualang membacakan Surat Keputusan (SK) para pengurus yang dilantik. (Foto Istimewa)

komunikasulut.com – dr Richard Sualang selaku ketua umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sulawesi Utara, melantik jajaran Pengurus Kota (Pengkot) FPTI dan Pengkot FAJI Bitung, Sabtu (29/1/2022).

Pelantikan yang dihadiri langsung Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar, perawakilan TNI, POLRI, pengurus KONI Kota Bitung, jajaran Pengprov FPTI dan FAJI Sulawesi Utara, menjadi saksi dilantiknya Geraldi Mantiri sebagai ketua umum Pengkot FPTI Bitung dan FAJI Bitung masa bakti 2021-2025.

Dalam pelantikan itu, dr Richard Sualang memberikan apresiasi kepada Gerald Mantiri bersama seluruh generasi muda yang terpanggil dalam kepengurusan FPTI dan FAJI Kota Bitung.

“FPTI dan FAJI merupakan organisasi yang sama-sama memiliki visi dan misi dalam mengemban harkat dan martabat bangsa dalam kegiatan panjat tebing dan arung jeram. Kehadiran pengrus FPTI dan FAJI Kota Bitung, adalah untuk memberikan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negar, bukan sekedar mendapatkan jabatan. Oleh karena itu, kepercayaan yang diterima harus dipertanggungjawabkan,” kata Sualang, saat membacakan naskah pelantikan.

Sualang yang saat ini menjabat Wakil Walikota Manado ini mengharapkan agar jajaran pengurus FPTI dan FAJI Kota Bitung dibawah kepimpinan Geraldi Mantiri dapat membesarkan kedua cabang olahraga ini.

“Menjadi pengurus FPTI dan FAJI merupakan pengabdian dan pemberian diri, karena kita sama-sama berkomitmen untuk membina dan membesarkan olahraga arung jeram dan panjat tebing. Olahraga ini merupakan cabang olahraga minat khusus yang berangkat dari organisasi pecinta alam, baik komunitas maupun organisasi yang berada dilingkungan pendidikan, seperti kampus atau sekolah. Dengan perkembangan zaman, arung jeram dan panjat tebing, saat ini menjadi cabang olahraga prestasi yang dipertandingkan dalam pekan olahraga Nasional. Untuk panjat tebing sejak 2004 sudah dipertandingkan dalam PON dan mudah-mudahan pada PON di Aceh, arung jeram juga akan dipertandingkan,” ungkapnya.

Sualang pun berharap, dengan dilantiknya kepengurusan FPTI dan FAJI Kota Bitung tersebut, dapat melahirkan atlit-atlit berprestasi yang nantinya akan membanggakan bukan hanya Kota Bitung, tapi Provinsi Sulawesi Utara pada khususnya.

“Saya mengajak pengurus FPTI dan FAJI Kota Bitung untuk sama-sama mensinergikan usaha kita untuk lolos ke PON Aceh yang dijadwalkan Tahun 2024, tapi karena tahun itu merupakan tahun Pemilu, diprediksikan PON Aceh akan dilaksanakan Tahun 2023 mendatang. Itu merupakan tantangan yang besar. Untuk mencapai itu, tentunya melalui pembinaan dan prestasi. Saya yakin pengurus Kota Bitung memiliki SDM yang memadai dan ditunjung dengan sejumlah atlit berprestasi. Di Kota Bitung juga memiliki sarana dan prasaran yang menunjang untuk mengembangkan prestasi atlit,” pungkas Sualang menutup. (Red)

Pos terkait