Eldo Wongkar Dilantik Jadi Ketua E-Sport Minsel

  • Whatsapp
Eldo Wongkar menerima pataka organisasi dari Rio Dondokambey. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Beberapa tahun terakhir, Esports telah mengambil perhatian masyarakat dunia, bahkan tak tanggung-tanggung pada tahun 2018 menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan di Asian Games dan di SEA Games 2019.

Hal ini, menjadikan Esports dilirik pemerintah, khususnya anak-anak muda sebagai olahraga yang wajib dimainkan dan dilombakan dalam komunitas-komunitas tingkat nasional, tak menampik pun di Sulawesi Utara (Sulut), khususnya di Minahasa Selatan (Minsel).

Setelah kepengurusan PB Esports Indonesia Tingkat Sulut terbentuk yang dipimpin Ketua Harian Rio Dondokambey, PB Esports Indonesia Minsel pun ikut dibentuk, lewat pelantikan yang dilaksanakan, Turangga Convention Hall Jumat (23/07/2021).

Berlokasi di RM Turangga Convention Hall, kepengurusan PB Esports Indonesia Tingkat Minsel periode 2021-2024 yang diketuai Eldo Wongkar, dilantik Ketua Harian PB Esports Sulut Rio Dondokambey, yang juga dihadiri Bupati Franky Donny Wongkar, SH, dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang.

“Kami segenap pengurus PB Esports Sulut berterima kasih kepada teman-teman pengurus di Minsel, karena telah mendesain acaranya dengan baik,” kata Rio Dondokambey.

Lanjut Rio Dondokambey, pelantikan PB Esports kabupaten/kota di Sulut, pertama kali dilakukan di Minsel. “Jadi ini akan menjadi bahan evaluasi kami sebelum melaksanakan kegiatan yang sama di kabupaten/kota lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Bupati Franky Donny Wongkar, S.H mengapresiasi dibentuknya PB Esports Tingkat Kabupaten Minsel, yang secara berkolaborasi dapat menuju salah satu misi daerah yakni meningkatkan sumber daya manusia yang berbudaya, sehat dan beraya saing. “Pemerintah tentu mendukung segenap organisasi yang mempunyai semangat dan komitmen untuk membangun dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing,” imbuhnya.

Lanjut Bupati mengungkapkan, bahwa dirinya bersama Wakil Bupati Petra Rembang, mendukung penuh pengembangan Esports di Minsel. “Karena merupakan salah satu program prioritas bagi kaum milenial. Nantinya akan dibangun ada ruang terbuka hijau yang didalamnya ada akses internet, yang dapat dimanfaatkan kaum milenial dalam mengembangkan kemampuan dibidang Esports,” terang Bupati FDW.

Sejalan dengan itu lanjut Bupati FDW, saya berharap PB Esports Tingkat Kabupaten Minsel yang notabene beranggotakan kaum milenial dapat membantu pemerintah untuk menjadi contoh dan teladan dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat. “Serta mendukung program pemerintah terkait mewujudnyatakan protokol kesehatan melalui penerapan 5M, serta mendukung percepatan pelaksnaan vaksinasi,” tutupnya.

Informasi dirangkum, pelantikan pengurus PB Esports dilakukan karena bisa menjadi wadah bagi anak muda untuk berkembang dan berprestasi di event-event bergengsi tingkat nasional dan internasional.

Hadir dalam pelantikan PB Esports Indonesia Tingkat Kabupaten Minsel yaitu, Sekretaris PB Esports Sulut Christian Yokung, Sekretaris Esports Kab. Minsel Timothy Rembang, Caretaker Koni Minsel Franky lelengboto, ST, Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga DR Fietber S. Raco S.Pd, MSi, Camat Tumpaan, Kapolsek Tumpaan, dan Pengurus Esports Indonesia (ESI) Tingkat Sulut dan Pengurus PB ESI Tingkat Minsel.

Daftar Kepengurusan PB Esports Indonesia (ESI) Tingkat Kabupaten Minahasa Selatan Periode 2021-2024 :

Pembina: Franky D Wongkar
Penasehat: Petra Y Rembang

Ketua : Eldo wongkar
Wakil Ketua: Andrew Salindeho
Sekertaris : Timothy rembang
Bendahara : Aland Kembau

Kabid Organisasi : Stevi Wokas
Wakabid organisasi: Reza Lempas

Kabid Pembinaan dan Prestasi: Khael Ngantung
Wakabid Pembinaan dan Prestasi: Ivander Porong

Kabid Kompetensi: Mario Egam
Wakabid Kompetensi: Dwi Satria Nugroho

Kabid Sarana dan Prasarana: Fernando Palit
Wakabid Sarana dan Prasarana: Regiant Kesek

Kabid Umum : Reindo Merentek
Wakabid umum : Andrew Makawimbang

Oleh: Van Basten