Pemkot Manado Akan Ambil Alih Instalasi Pengelolaan Air Pemprov Sulut

  • Whatsapp
Andrei Angouw mendatangi IPA di beberapa wilayah Manado. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA), Jumat (13/08/2021) sore melakukan kunjungan lapangan, melihat dari dekat sejumlah Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di beberapa lokasi.

Lokasi yang dikunjunginya antara lain IPA yang berada di Kima Kecamatan Mapanget, dan IPA yang berada di Puri Indah Permai I Malalayang Satu Timur Kecamatan Malalayang.

Seperti diketahui bahwa IPA yang ada di dua wilayah ini pengelolaanya masih dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut).

Makanya di lapangan ikut dibahas soal kewenangan pengelolaan airnya terutama suplay air ke warga Manado. Kewenangan ini masih pada Pemprov Sulut, sehingga ada harapan agar warga Manado bisa terlayani dengan IPA ini sebaik mungkin jika kedepannya IPA ini diambil alih dan dikelola oleh Pemerintah Kota Manado.

Wali Kota AA menyampaikan beberapa kekecewaan kepada tim teknis UPTD yang hadir dalam kunjungannya di kedua IPA ini. Ini dikarenakan Wali Kota selama ini menerima keluhan masyarakat bahwa mereka tidak terlayani dengan baik oleh IPA ini.

Dalam kajian di lapangan ini, terdapat beberapa solusi yang ditawarkannya karena prinsipnya pelayanan kepada masyarakat.

“Jika IPA-IPA bisa dikelola langsung oleh Pemkota Manado lewat Perusahaam Daerah seperti PDAM, maka bisa dipastikan masyarakat yang bisa terjangkau dengan IPA ini dapat terlayani secara maksimal,” ujar AA menegaskan.

Dalam kunjungannya, Wali Kota didampingi sejumlah pejabat Pemkot Manado, antara lain Asisten II, Kadis Perkim, Direksi PDAM, dan pejabat teknis lainnya. (*)

Pos terkait