Pengurus GAMKI Sulut 2021-2024 Akan Seriusi Masalah Pengangguran

  • Whatsapp
Jajaran pengurus GAMKI Sulut yang baru dilantik, bersama para tamu undangan.

KOMUNIKASULUT.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulawesi Utara periode 2021-2024, resmi dikukuhkan pada Minggu (5/9/2021).

Sebanyak 101 pengurus dilantik Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI, Sahat Sinurat, S.T, M.T, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Yowanda Yonggara (ketua) dan Nicky Londok (sekretaris) mendapat amanah untuk memimpin GAMKI Sulut kedepannya. Mereka akan mulai dengan memaksimalkan potensi diri para kader dan merangkul pemuda gereja dalam prosesnya.

“Prioritas saat ini adalah konsolidasi internal bersama semua kader. Kita segerakan untuk dapat diberdayakan, sesuai potensi ke dalam struktur kepengurusan DPD GAMKI Sulut 2021-2024,” tutur Yowanda.

GAMKI Sulut akan menggandeng generasi muda di gereja-gereja dalam pengembangan potensi diri tersebut. Dengan demikian, tujuan untuk memajukan daerah dan negara bisa dilakukan bersama-sama.

“Saya berharap pemuda gereja dapat menyadari, bahwa mereka adalah bagian integral dari GAMKI. Sehingga kita bisa bersama-sama mengembangkan potensi diri, dan dapat bermanfaat bagi daerah dan bangsa Indonesia,” sambung Yowanda.

Demi mencapai itu, GAMKI Sulut akan memberdayakan kemampuan yang dimiliki pemuda-pemudi gereja. Karena diketahui bersama, persentase produktifitas kawula muda di Sulut cukup tinggi dibandingkan yang lain.

“Saat ini Indonesia sedang menuju bonus demografi. Dimana angka penduduk dengan usia produktif yang di dalamnya adalah pemuda, lebih besar dibanding dengan usia tidak produktif,” buka Ketua.

“Di Sulut sendiri berdasarkan data BPS di tahun 2020, jumlah penduduk usia produktif berada di angka 72,28 persen. Hal ini perlu disikapi dengan serius oleh seluruh stakeholder. Karena dibutuhkan peran pemerintah untuk terlibat aktif dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” tambahnya.

Semua itu akan diupayakan GAMKI Sulut, demi meminimalisir angka pengangguran di Bumi Nyiur Melambai. Mereka ingin bersinergi dengan pemerintah untuk merealisasikan tujuan itu.

“Jangan sampai angka pengangguran di Sulut menjadi meningkat, karena jumlah tenaga pekerja yang lebih tinggi daripada lapangan pekerjaan,” tandas Yowanda.

Pelantikan mengusung tema ‘Usahakanlah Kesejahteraan Kota Dimana Kamu Berada, dan Doakanlah.’ Tema ini diambil dari nilai-nilai yang terdapat dalam Yeremia 29:7.

Kegiatan dihadiri jajaran pemerintah daerah di Sulut, yang notabenenya merupakan pembina GAMKI Sulut. Di antaranya adalah Ketua Dewan Perawakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut, Andi Silangen; Walikota Bitung, Maurits Mantiri; Wakil Walikota Manado, Richard Sualang; Wakil Walikota Minahasa Utara, Kevin Lotulung; Anggota DPRD Sulut, Melky Pangemanan dan lainnya.

Pengurus GAMKI Sulut periode 2021-2024 terpilih dalam Konferensi Daerah ke-11, yang berlangsung di Bukit Doa Alamanda Tomohon pada 19-20 Juni 2021. (RE/**)