Cetak Generasi Berkarakter, PMHU Sulut Gelar Maper dan Latihan Dasar

  • Whatsapp
Foto bersama usai kegiatan.

KOMUNIKASULUT.COM – Persatuan Mahasiswa Halmahera Utara (PMHU) di Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan masa perkenalan dan latihan dasar kader tahun 2021, Sabtu (4/9/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Student Center GMKI Manado itu mengangkat tema ‘Membentuk Kader PMHU di Sulut yang Berkarakter dan Memiliki Rasa Kekeluargaan’.

 

Menurut Renaldo Garedja, S.IP selaku Ketua PMHU di Sulut periode 2020-2021, kegiatan ini merupakan program rutin untuk menghimpun setiap mahasiswa Halmahera Utara yang melangsungkan studi di Sulut.

Lanjut Renaldo, maper ini tidak hanya proses pengenalan organisasi biasa-biasa saja, melainkan didalamnya akan di boboti beberapa pengetahuan-pengetahuan guna memperluas wawasan setiap kader.

“Jadi kegiatan ini sifatnya membentuk karakter dan mental dari setiap kader PMHU di Sulut. Yang kedua, pelatihan dasar kader ini adalah program baru yang dicetuskan bersama oleh badan pengurus organisasi pada periode kepemimpinan 2020-2021,” ujar mantan Ketua DPM Fispol Unsrat itu.

Renaldo juga mengharapkan agar semua kader serta pengurus dapat lebih peka dengan keadaan sosial yang terus berubah-ubah.

“Harapannya ke depan, setiap kader dapat menambah wawasan serta softskill yang lebih. Dilain itu juga diharapkan setiap kader mampu melahirkan setiap solusi-solusi yang kongkrit bagi masyarakat Halut pada umumnya,” terang Renaldo Garedja.

“Tema kali ini menyesuaikan dengan kondisi era modernisasi sekarang, jika karakter kita tidak terbentuk dengan baik maka kita akan tereliminasi dengan sendirinya. Kemudian rasa kekeluargaan adalah bagian terpenting dalam sebuah organisasi yang sifatnya paguyuban,” tutur mahasiswa Pascasarjana Unsrat tersebut.

Sementara itu, Meliska Debora Saibaka salah satu peserta menuturkan dirinya mendapat pengalaman serta pengetahuan yang baru saat mengikuti maper dan latihan dasar kader tahun 2021 ini.

“Beberapa materi dan simulasi latihan sangat penting dalam hal membangun relasi dan rasa kekeluargaan yang tinggi karena, di tanah rantaua saya merasakan keluarga atau diistilahkan tetap merasakan pisang santang,” ucap Meliska.

“Bukannya hanya tentang kekeluargaan tetapi mendapat pengetahuan baru yang saya tidak dapat di kampus tetapi didapat saat kegiatan seperti ini dan ini sangat bermanfaat,” ujar mahasiswa Fakultas Mipa Jurusan Farmasi Unsrat itu.

Adapun peserta maper dan latihan dasar, disajikan materi-materi tentang :

– Profil dan Manajemen Organisasi oleh Renaldo Garedja, S.IP

– Nilai-nilai Hibualamo oleh Billy essing

– Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial oleh Jorly Tindage

– Kessetaraan Gender oleh Nofensi Pagaya, S.IP

– ANALISIS SWOT oleh Gian Unggu

– Dasar-dasar Jurnalistik oleh Tiara Piri, S.I.K

– Materi Advokasi Imanuel Mahole, S.H

– Teknik persidangan oleh Trio Labaka, S.AP

Oleh: Yaya Piri