Richard Sualang Optimis Kehadiran E-Sport di Manado Akan Berdampak Besar

  • Whatsapp
Richard Sualang (tengah) bersama Rio Dondokambey dan Tonny Mamahit di acara pelantikan PB ESI Manadol. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah Kota Manado menyambut baik kehadiran Pengurus Besar (PB) E-Sport Indonesia (ESI) di Kota Tinutuan. Dukungan penuh juga diberikan kepada atlet e-sport di Manado, untuk dapat bersaing dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional hingga internasional.

Ini disampaikan Wakil Walikota Manado, Richard Sualang saat mewakili Walikota Andrei Angouw di pelantikan PB ESI Manado periode 2021-2024, Selasa (14/9/2021). Kegiatan berlangsung di ruangan serbaguna kantor walikota.

“Kami bersyukur pelantikan ini bisa terlaksana. Tentu Pemerintah Kota Manado menyambut baik kehadiran pengurus e-sport di bawah kepemimpinan Christy Masengi. Pastinya ini akan membawa suasana baru bagi dunia olahraga Manado,” bukanya.

“Kami yakin pengurus ini cukup mumpuni untuk membina dan memajukan e-sport di Manado. Kami berharap banyak kepada kawan-kawan yang sudah dilantik,” sambung Wawali.

Dengan melihat perkembangan jaman, e-sport dipastikan memiliki prospek yang baik di masa depan. Sehingga, Pemkot Manado mulai memiliki visi terhadap olahraga elektronik ini.

“Ini adalah olahraga masa depan atau future sport. Mungkin kedepan kita akan banyak menaruh harapan pada e-sport. Bukan hanya dalam segi prestasi, tapi juga soal ekonomi,” terang Richard.

“Beberapa waktu lalu,” lanjut Wawali, “Saya pernah membaca beberapa referensi tentang usaha-usaha yang memiliki resiliensi atau ketahanan di masa pandemi. E-sport yang masuk kategori bisnis, ternyata memenuhi kriteria itu.”

“Saat olahraga lain mulai kehilangan penontonnya di stadion, pembelian tiket mulai sedikit, hak siar di televisi mulai menurun, serta orang-orang yang beriklan dan berinvestasi berkurang, e-sport bisa terus ada dengan nilai ekonomi yang cukup fantastis,” ungkap Wawali.

Ia pun memotivasi PB ESI Manado untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Karena dampaknya akan sangat signifikan untuk masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19, dimana sektor ekonomi sedang tidak stabil.

“Pengurus harus bisa melihat peluang ini. Jadi selagi kita membina generasi muda dengan kegiatan olahraga, bisa ada peluang bisnis yang bisa didapatkan para atlet, pemilik klub, maupun pengusaha warnet. Ini perlu dielaborasi oleh pengurus e-sport Manado,” jelasnya.

“Ini akan menambah kebangkitan ekonomi di Manado. Kalau ini bisa dibangun, setidaknya generasi muda kita sudah bisa berpenghasilan sendiri,” lanjut Richard.

Kesimpulannya, ada dua hal besar yang bisa diperoleh warga Manado melalui e-esport. “Dengan menekuni olahraga ini, pertama kita bisa meningkatkan prestasi generasi muda. Karena e-sport ini kan ada panggung di nasional dan internasional. Ini tentu sangat membanggakan jika bisa sampai disana,” tutur Wawali.

“Lalu dengan memanfaatkan peluang tersebut, kita bisa menghasilkan enterpreneur (pengusaha, red) baru dari kalangan muda yang berangkat dari bidang ini. Peluang bisnis tersebut akan sangat berpengaruh baik bagi Manado secara ekonomi,” tandasnya.

PB ESI Manado yang berjumlah 28 orang mengapresiasi wejangan yang diberikan Richard. Sehingga, kedepannya mereka akan sinergitas dengan Pemkot Manado dan PB ESI Sulawesi Utara, untuk memajukan e-sport Manado.

Oleh: Rezky Kumaat

Pos terkait