Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim, MJB Sulut Tanam 50 Bibit Mangrove

  • Whatsapp
Personil MJB Sulut menanam salah satu bibit Mangrove Rhizophora di pesisir Pantai Bahowo. (Foto MJB Sulut)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemantapan pengetahuan terkait konservasi Mangrove dilakukan oleh Komunitas Marijo Belajar (MJB) Region Sulut dengan mengundang pemateri Frenly Derek dari perkumpulan Chaetodon Manado.

Hutan Mangrove Bahowo, Kecamatan Bunaken, Kota Manado menjadi tempat pengembangan pengetahuan terkait Fungsi, Manfaat, hingga Monitoring Mangrove dan diakhiri dengan penanaman 50 Bibit Mangrove Rhizophora.

Kegiatan yang memakan waktu sejam ini bertemakan ‘Mari Menanam Mangrove’ atau disingkat MAMAM. “MAMAM ini menjadi upaya anak muda Sulut untuk ikut menjadi bagian dalam mengurangi perubahan iklim,” ungkap Ketua MJB Region Sulut, Jessica Veronica Tarima kepada awak media, Sabtu (20/11/2021).

“Event ini diadakan MJB Sulut sebagai upaya untuk ikut turun langsung menjadi bagian menyelamatkan bumi dari perubahan iklim lewat penanaman bibit Mangrove di pesisir pantai Bahowo. Ada, 32 volunteer mendapatkan edukasi seputar Hutan Mangrove hingga tahapan menanam bibit Mangrove. Ke depan, event yang sudah dilakukan oleh anak Muda Sulut ini bisa membantu mengurangi dampak perubahan iklim dan menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya untuk terus peduli dan terlibat langsung dalam kelestarian alam, khususnya di Sulawesi Utara,” jelasnya.

Sedangkan kepala lingkungan Bahowo, Junike Hoke merespon baik akan niat baik dari Komunitas MJB Region Sulut. “Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada komunitas MJB Region Sulut yang mau melakukan kegiatan penanaman Mangrove di Desa kami. Sekali, lagi banyak terimakasih.”

“Saya ingin kedepannya Komunitas MJB Region Sulut bisa membuat kegiatan yang sama dan bekerjasama dengan masyarakat, pelajar dan anak muda disini. Karena, yang tau tentang Mangrove di Desa Bahowo ini hanya kelompok tertentu saja. Namun, ini sudah sangat baik sehingga menjadi pengalaman pertama saya untuk menanam Mangrove ketika menjadi bagian dari pemerintah,” pungkasnya.

Terpantau media, adapun kehadiran Founder MJB Pusat, Meinagustia Carwelia Ngangi dan beberapa pengurus yang ada. Adapun, Volunteer yang hadir dari beberapa komunitas diantaranya Komunitas Motor BOX Bitung, Rider Siger Jogja, CBR Bitung Community, Friendship Motor Club Bitung, Polres Bitung Lovers, Bold Riders Manado, Siluman Biru Shop, Squat Jinjit Bitung, dan Blade Rider Community Bitung. (Red)